Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Harga Cabai Merah Picu Inflasi Kota

0
×

Harga Cabai Merah Picu Inflasi Kota

Share this article
cabai

radartvnews.com – Harga cabai merah di pasaran pada bulan juni 2019 terus mengalami peningkatan. Akibat tingginya harga cabai merah di kota Bandar Lampung  berdampak pada nilai inflasi kota Bandar Lampung. 

Dari data badan pusat statistik ( BPS ) Provinsi Lampung  nilai inflasi mencapai 0,63 persen, sementara cabai merah penyumbang terbesar nilai inflasi dengan nilai 0,58 persen atau 90 persen dari inflasi. 

Kondisi ini pun cukup tak baik bagi perekonomian di Lampung,  sebab nilai inflasi yang tinggi  pemerintah bersama pihak pihak terkait harus segera menekan nilai inflasi ini  khususnya pada komiditi cabai merah. 

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung  Yeane Irmaningrum mengatakan, selain tingginya harga cabai merah dipasaran yang menyebabkan inflasi, harga jengkol ternyata juga turut mempengaruhi bahkan berada pada urutan kedua dengan nilai 0,05 persen.

Diketahui  harga cabai merah di kota Bandar Lampung mengalami peningkatan bahkan sejak bulan ramadan dan mendekati lebaran.  Di akhir juni  harga cabai merah terpantau pada kisaran 70 ribu per kilogramnya. (lih/rie)