Scroll untuk membaca artikel
Lampung SelatanPeristiwa

Empat Bulan Desa Kelawi Kekeringan

5
×

Empat Bulan Desa Kelawi Kekeringan

Share this article

Akibat musim kemarau, ratusan warga Dusun Pematang Macan Desa Kelawi, Bakauheni, Lampung Selatan mulai kesulitan air bersih, kesulitan air bersih tersebut terjadi sejak empat bulan terakhir, untuk mendapatkan air warga mengaku harus membeli air bersih dengan harga 2.500 Rupiah per jerigen. Air tersebut dipergunakan untuk berbagai kebutuhan memasak selama sepekan dan sebagian untuk di minum .

Kesulitan air di dusun pematang macan tersebut terjadi sejak kawasan jembatan batu mulai kering, sebab wilayah tersebut kerap menjadi sumber mata air bagi warga yang ada di perbukitan  sejumlah sumur warga masih mengalirkan air meski harus menunggu penuh selama satu hari untuk satu jerigen saja, parahnya meski air masih mengalir namun kondisi keruh sehingga harus diendapkan.

Untuk membantu warga yang kesulitan air bersih selama kemarau, relawan sepekan sekali membagikan air ke sejumlah Dusun Di Desa Kelawi, pemberian bantuan oleh relawan sudah berlangsung empat bulan terakhir, sejak bulan Juni, para relawan mengirim sedikitnya 6 ribu liter dalam beberapa tahap, bantuan tersebut rata-rata didistribusikan ke sebanyak 120 kepala keluarga yang kekurangan air bersih.

Di prediksi musim kemarau masih akan terus berlanjut dan belum di ketahui kapan akan selesai, warga berharap bantuan air bersih dapat terus berjalan agar dapat meringankan beban warga.

(BO)