Scroll untuk membaca artikel
EventNasionalOlahragaUtama

KASAL CUP 2021 : Atlet SUP Lampung Borong Medali

4
×

KASAL CUP 2021 : Atlet SUP Lampung Borong Medali

Share this article
BORONG MEDALI : Atlet SUP Lampung Gita Kurniawan Putra (kiri) meraih 2 medali perak dalam even nasional Kasal Cup 2021, di Jakarta. (foto Ist)

JAKARTA : Nama Provinsi Lampung kembali harum di kancah nasional dalam Kasal Cup Olahraga Perairan 2021. Atlet stand up paddle (SUP) naik podium utama setelah berjaya di sejumlah nomor yang diadakan di Pantai Festival Ancol, 26 hingga 28 November 2021.

Kompetisi ini mempertandingkan berbagai jenis olahraga air, seperti selam, renang, dayung, layar, jetski dan ski air.
Terdapat dua cabang olahraga eksebisi yang dipertandingkan dalam Kasal Cup Olahraga Perairan 2021, yakni stand up paddle dan kayak.

PRESTASI NASIONAL : Sejumlah atlet Stand Up Paddel Lampung mampu bicara banyak di kancah nasional.

Di ajang SUP, atlet atlet Lampung mampu mengungguli atlet nasional lainnya. Di nomor 4K inflatable 12″6 under men, dua atlet Lampung Benny Hardiyuga dan Theo Rangga Chaniago menyabet emas dan perak, sementara perunggu diraih Muhammad Rifai dari Banten.

Posisi podium juga serupa di nomor 1K inflatable 12″6 under men, Beny dan Theo kembali meraih Emas dan Perak, sedangkan Rifai meraih perunggu.

Turun di nomor 4K inflatable 12″6 Up Men, Gita Kurniawan Putra menorehkan medali perak. Attel olahraga air ini hanya selisih sedikit waktu dengan peraih medali emas Rizki Mulia Rahmat dari Jawa Barat. Sementara medali perunggu diraih Jonathan Norman Waluyo dari Balikpapan.

Gita, Anggota Siswa Pecinta Alam atau Swapala SMA Negeri 3 Bandar Lampung ini juga meraih medali perak saat berlaga di nomor 1K inflatable 12″6 Up Men. Di nomor bergengsi ini dia berada di belakang Andi Wiliam, atlet SUP Jakarta. Untuk medali perunggu diraih atlet Jawa Barat Bayu Prasetya.

“Sebuah torehan prestasi yang sangat baik, dari atlet atlet Sai Lampung. Di tengah vacum even akibat pandemi. Kita masih bisa latihan, latihan dan juara,” ujar Syaiful Efendi, Pembina Club PUMIK Dayung Lampung.

KIAN MELUAS : Olahraga air Stand UP Paddle di Lampung kian diminati. (foto Ist)

 

Pria yang mendedikasikan dirinya untuk olahraga alam bebas ini menyatakan daya tarik masyarakat untuk mendalami SUP semakin meluas.

 

 

Sementara itu, Rico Arnaldo dari Maliko Stand Up Paddle Indonesia mengatakan, Kasal Cup merupakan even besar dua tahunan dan diikuti hampir seluruh cabang olahraga perairan. Cabang stand up paddle race yang sedang booming.

“Stand Up Paddle dan kayak, baru menjadi eksebisi, dua tahun ke depan akan menjadi permanen,” ujar Rico, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono mengatakan, acara rutinan ini sempat vakum selama dua tahun lamanya imbas pandemi Covid-19.

“Sudah vakum dua tahun tidak kita laksanakan, baru kita laksanakan kembali di tahun 2021 ini,” kata Yudo saat membuka acaranya di Pantai Ancol.

“Kegiatan ini diikuti 2.033 atlet dari TNI-Polri maupun berbagai atlet dari seluruh daerah di Indonesia. Yang kemarin ikut PON juga ada yang ikut,” jelasnya.

Yudo berharap Kasal Cup 2021 dapat mencetak bibit-bibit baru atlet Indonesia yang bisa meraih prestasi dalam bidang olahraga perairan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat mencetak atlet-atlet baru, atlet-atlet yang profesional yang tentunya dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (coy)