Scroll untuk membaca artikel
Ragam

Ceritakan ke Anak, 18 Muslim dan Muslimah Inilah yang Mengubah Peradaban 

339
×

Ceritakan ke Anak, 18 Muslim dan Muslimah Inilah yang Mengubah Peradaban 

Share this article

9. Sinan: Sang Arsitek

Bernama lengkap Koca Mimar Sinan. Ia berasal dari keluarga Kristen Ortodoks Yunani namun mendapat hidayah dan masuk ke agama Islam.

Sinan telah membangun lebih dari 470 bangunan megah di zaman Turki Utsmani. Karya besarnya adalah Masjid Selimiye di Edime. Masjid Selimiye ini memiliki menara antigempa tertinggi di Turki.

10. Laksamana Cheng Ho, Pelaut Pembawa Pesan Kedamaian

Laksamana Cheng Ho sangat terkenal di Indonesia. Ia datang ke Nusantara dan 37 negara lainnya membawa pesan perdamaian.

Berbeda dengan Vasco da Gama maupun Christopher Colombus yang datang untuk menjajah negeri yang didatangi. Justru negeri yang dikunjungi Cheng Ho menjadi lebih makmur karena pesan dakwah Islam yang menyebarkan kedamaian dan kebenaran.

Pemimpin kapal yang bernama asli Ma He ini (Ma diambil dari kata Muhammad) memiliki ukuran kapal yang sangat besar. Panjangnya lebih dari 130 meter dan dibuat tanpa besi. Ukuran kapalnya 5 kali kapal Vasco da Gama.

11. Al-Khawarizmi: Penemu Angka Nol 

Bernama lengkap Mu?ammad bin Musa al-Khawarizmi, Lahir sekitar tahun 780 M di Khwarezmia (sekarang Khiva, Uzbekistan) dan wafat sekitar tahun 850 M di Bagdad.

Ia adalah seorang ahli matematika dan astronomi, dan dianggap sebagai penemu algoritma, yang dikenal sebagai algoritma Al-Khawarizmi. Algoritma ini menjadi dasar dalam pengembangan komputer modern.

Salah satu penemuan penting dari Al-Khawarizmi adalah penemuan angka nol (0). Penemuan ini puluhan, ratusan, ribuan, dan seterusnya.

Selain itu, penemuan angka nol ini mengubah logika berpikir tentang semesta karena angka nol mewakili ketakterhinggaan.

12. Al-Battani, Metode Gerhana & Rumus Trigonometri

Merupakan cendekiawan Muslim terkenal yang ahli di bidang astronomi. Ia adalah anak dari Jabir bin Sinan, adalah seorang ilmuwan di bidang sains. Sementara itu kakeknya, Tsabit bin Qurrah, juga merupakan ilmuwan astronomi yang sangat terkenal di Arab.

Al-Battani telah menghasilkan banyak penemuan di bidang astronomi. Salah satu hasil pengamatannya yang sering dijadikan rujukan adalah tentang terjadinya gerhana bulan dan matahari. Para ilmuwan lain menggunakan penemuannya tersebut untuk menghitung kecepatan gerakan bulan.

Ketertarikan Al-Battani dengan benda-benda langit telah ada sejak kecil. Ia mengalirkannya dengan membaca banyak buku tentang astronomi.

Selain menjadi ahli astronomi, ia juga berperan besar dalam bidang matematika. Penemuannya dalam bidang ini yang paling dikenal adalah rumus persamaan trigonometri.