Scroll untuk membaca artikel
Ragam

8 Fadhilah Hari Rabu, Berdoalah! Hari Ini Doa Jadi Lebih Mustajab

20
×

8 Fadhilah Hari Rabu, Berdoalah! Hari Ini Doa Jadi Lebih Mustajab

Share this article

Diciptakannya Cahaya, Ditenggelamkannya Fir'aun, Hari Disukai Rasulullah untuk Berdoa

SELAIN hari Jumat yang dikenal sebagai hari penting umat Islam, hari Rabu juga punya fadhilah sendiri. Keutamaan hari Rabu dalam agama Islam adalah.

1. Terciptanya Cahaya
Ajaran agama Islam menegaskan bahwa proses penciptaan bumi dan alam semesta ini terjadi selama 7 hari. Pada hari Rabu menjadi saat dimana Allah SWT menciptakan cahaya. Seperti diriwayatkan HR Muslim No. 2789 tentang penciptaan bumi pada hari Rabu.

Cahaya adalah elemen yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Tanpa cahaya, umat manusia, hewan, dan tumbuhan tidak akan bisa bertahan hidup.

Cahaya sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk melihat kondisi sekitar. Cahaya bahkan menjadi komponen penting agar tumbuhan bisa berfotosintesis dan menghasilkan makanan sendiri.

Allah SWT bahkan punya sifat cahaya (An-Nur) yang menyinari seluruh alam semesta ini.

Di hari yang penuh cahaya ini banyak ulama yang memanfaatkannya untuk berdoa, belajar, mendirikan majelis, dan lain sebagainya. Banyak ulama percaya bahwa hari Rabu adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

2. Musnahnya Kaum Tsamud dan ‘Aad

Kaum Tsamud adalah salah satu peradaban yang dimusnahkan Allah SWT. Selain kaum Tsamud, ada juga kaum ‘Aad yang ingkar kepada ajaran Allah SWT.

Dua kaum tersebut mengingkari ajaran yang dibawa Nabi Saleh AS. Akhirnya Allah SWT memusnahkan dua kaum tersebut dari muka bumi.

3. Tenggelamnya Fir’aun

Peristiwa besar dimana Nabi Musa AS diberikan wahyu oleh Allah SWT untuk bisa membelah laut merah dengan tongkatnya, Pada saat itu, Nabi Musa dan kaumnya sedang berusaha untuk melarikan diri dari tanah Mesir.

Fir’aun yang kejam pun mengejar mereka dengan kereta kuda. Allah SWT akhirnya menunjukkan kebesaran-Nya dengan menenggelamkan Fir’aun beserta prajuritnya ke dalam Laut Merah.

Ternyata peristiwa besar ini terjadi pada hari Rabu. Sungguh hari Rabu menyimpan banyak sejarah dan pelajaran bagi kaum Muslimin.