Scroll untuk membaca artikel
Religi

ONE DAY ONE HADITS : Wanita Sebagaimana Tulang Rusuk

155
×

ONE DAY ONE HADITS : Wanita Sebagaimana Tulang Rusuk

Share this article
Foto Ilustrasi (net)

DARI Abu Ghuraeroh radhiAllahanhu berkata, bersabda Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam :

“Kepada yang percaya Allah Subhanawata’ala dan hari akhir, jika kamu menyaksikan sesuatu maka bicarakan yang baik tentang hal tersebut atau diam. Bersikap baiklah pada wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk. Bagian tulang rusuk yang paling bengkok ada di atas. Jika kamu berusaha meluruskannya maka dia akan patah, dan bila dibiarkan maka bengkok tetap di sana. Sehingga bersikap baiklah pada wanita.” (HR Muslim).

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

 

  1. Tulang rusuk dikatakan sebagai cara menjelaskan karakter wanita yang unik. Wanita memang diciptakan berbeda namun bisa melengkapi pria. Sama seperti pria yang melengkapi keberadaan seorang wanita.

 

  1. Makna yang menggambarkan sifat wanita, yaitu “kebengkokan” yang perlu diluruskan oleh suami mereka dan wali laki-laki mereka serta dijaga, karena memang wanita terkadang lebih mengutamakan perasaan daripada akal mereka.

 

  1. Maknanya, wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok maka tidak bisa disangkal kebengkokannya. Apabila seorang suami ingin meluruskannya dengan selurus-lurusnya dan tidak ada kebengkokan padanya niscaya akan mengantarkan pada perselisihan dan perpisahan. Ini berarti memecahkannya.

 

  1. Namun bila si suami bersabar dengan keadaan si istri yang buruk, kelemahan akalnya dan semisalnya dari kebengkokan yang ada padanya niscaya akan langgenglah kebersamaan dan terus berlanjut pergaulan keduanya. Hal ini diterangkan para pensyarah hadits ini, di antaranya Al-Hafizh Ibnu Hajar  dalam Fathul Bari (6/368)

 

  1. Karenanya suami selayaknya memaklumi kebengkokan wanita dan bersabar. Misalnya ketika sensitif datang bulan, maka selayaknya suami mengingat kebaikan-kebaikan istri yang merawat anak-anak dan bersabar di dalam rumah untuk suami. Demikian pula para istri, juga harus sadar bahwa terkadang dia bengkok dan mungkin sering menyusahkan suami, membentak suami dan kadang jarang bersyukur dengan kebaikan suami. Ingat juga bahwa kebanyakan penduduk neraka adalah wanita, karena seringnya mengingkari kebaikan suami.

 

    1. Kerena suami istri adalah the best friend, mitra setia maka hendaklah yang dibangun didalam rumah tangga adalah: