Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Kontroversi Pemeriksaan Tubuh Miss Universe Indonesia, Difoto Telanjang Dihadapan Laki-Laki

16
×

Kontroversi Pemeriksaan Tubuh Miss Universe Indonesia, Difoto Telanjang Dihadapan Laki-Laki

Share this article
KONTOVERSI : Merebak kabar terkait sesi pemeriksaan tubuh, peserta diminta telanjang dan difoto. (Foto Net)

BARU kali pertama kali digelar, ajang kontes kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 langsung menuai kontroversi. Pertentangan justru terjadi di internal panitia penyelenggara. Ujungnya, banyak Tim Inti mengundurkan diri.

Kontroversi awal adalah terkait sesi pemeriksaan tubuh. Di sesi body checking peserta diminta telanjang tanpa sehelai benang. Lalu peserta difoto dihadapan juri laki-laki.

Kabar adanya permintaan tampil tanpa busana finalis Miss Universe Indonesia 2023 ini muncul dalam unggahan Instagram Story National Director Miss Universe Indonesia Bali Sally Giovanny.

Sally yang juga dikenal sebagai pemilik batik Trusmi itu mengunggah tangkapan layar percakapan WhatsApp dirinya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa.

Selamat sore, saya dapat kabar anak2 body check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana? Kami Jabar juga ada body check tapi tidak foto mereka,” demikian tertulis dalam tangkap layar unggahan Ig Story Sally Giovanny.

Unggahan tersebut di-repost oleh National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa. Ditegaskanya timnya sudah melakukan pemeriksaan tubuh peserta Miss Universe Indonesia dengan benar. Mereka tidak melakukan pemeriksaan tubuh dengan meminta para peserta untuk difoto telanjang.

”Body check Jabar menggunakan gambar tidak difoto telanjang di depan laki-laki juga,” demikian Rizky Ananda Musa seperti diunggah dalam Ig @rizkyanandamusa.

Ajang Miss Universe Indonesia 2023

Miss Universe Indonesia merupakan kontes kecantikan pertama untuk memilih wakil Indonesia ke ajang Miss Universe. Sebelumnya Yayasan Puteri Indonesia melalui ajang Puteri Indonesia yang mengantongi lisensi Miss Universe atau berhak mengirimkan wakilnya ke ajang Miss Universe tingkat dunia.