Scroll untuk membaca artikel
Utama

Sayonara TV Analog, Mulai Sabtu 12 Agustus 2023

38
×

Sayonara TV Analog, Mulai Sabtu 12 Agustus 2023

Share this article
ASO NASIONAL : Setelah sekian lama tertunda, pemerintah menyiapkan Analog Swicth Off (ASP) mulai Sabtu 12 Agustus 2023. (Foto Radar TV)

BANDARLAMPUNG : Sempat banyak terkendala dan terkatung-katung tanpa kejelasan. Akhirnya, pemerintah pusat memutuskan melakukan Anaog Switch Off (ASO) secara nasional pada Sabtu 12 Agustus 2023 pukul 24.00 WIB.

Secara khusus untuk membahas ini Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon) Provinsi Lampung menggelar rapat persiapan ASO, pada Selasa 8 Agustus. Total ada 23 lembaga penyiaran analog diundang, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID).

Lalu ada empat penyelenggara MUX televisi digital yakni Lembaga Penyiaran Publik TVRI, PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV), PT Media Televisi Indonesia dan PT Nusantara Media Mandiri (NT Corp).

ASO Di Lampung

Untuk mematikan siaran analog di Lampung ke digital memang tidak sesuai komitmen atau kebijakan yang kala itu masih dipegang Menkominfo Johny G Plate. Proses mematikan siaran analog dan pengalihan ke siaran digital tidak sesuai rencana pada November 2022.

Faktanya, televisi swasta nasional masih bisa melakukan siaran simulcast atau siaran secara bersamaan. Siaran analog dan digital sekaligus. Pemicunya karena ada kekuatan besar yang melakukan bargaining siaran analog televisi swasta nasional akan dihentikan ketika izin siarannya habis.

Masalah Pembagian STB Gratis

Jika ditelaah masih ada satu masalah krusial. Yakni, distribusi bantuan set top box (STB) gratis, apakah sudah benar benar terealisasi, apakah sudah benar sampai ke tangan penerima manfaat, apakah sudah sesuai dengan jumlah, merek dan kualitas .

Persoalan itu menjadi masalah besar bagi Kemkominfo bersama penyelenggara multipleksing (mux) dalam melakukan ASO.

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, mengatakan realisasi distribusi STV gratis nasional per 1 Februari 2023 yang bersumber dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) penyelenggara mux baru mencapai 6,5%. ”Untuk bantuan yang berasal dari pemerintah dalam hal ini adalah Kominfo sudah 99,8%,” paparnya.