Scroll untuk membaca artikel
Wisata Lampung

Jejak Negeri Suoh, Menelusuri Pesona Wisata Lembah 1.000 Kawah

113
×

Jejak Negeri Suoh, Menelusuri Pesona Wisata Lembah 1.000 Kawah

Share this article
Pesona Suoh Lampunng Barat yang menyajikan danau dan kawah dikelilingai bukit yang sangai cantik (FOTO : Jefri Ardi)

RADARTVNEWS.COM – Jika travelers sedang berjalan ke Lampung Barat yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Lampung. Dimana kabupaten yang memiliki ibu kota Liwa ini memiliki kawasan yang didominasi dengan perbukitan yang eksotis serta dicirikan dengan bentang alam yang bergelombang dan berbukit-bukit.

Selain itu Lampung Barat merupakan daerah pegunungan yang merupakan punggung Bukit Barisan di kawasan batu brak membentang dari utara hingga selatan sepanjang sisi barat pulau Sumatera, membentuk sabuk api (ring of fire) Sumatera.

Kabupaten Lampung Barat memiliki ketinggian antara 50-1000 mdpl. Daerah ini dilalui oleh sesar Semangka, dengan lebar zona sesar sebesar ± 20 Km.

Salah satu pesona yang dimiliki kabupaten Lampung barat terdapat di kecamatan souh yang berjaraK  ± 250 Km dari kota Bandar Lampung.

Saat mengunjungi beberapa tempat di Suoh, travelers akan menjumpai beberapa aktivitas vulkanik dan pesona panas bumi yang unik dan sangat indah.

Kwah Suoh Lampung Barat (FOTO : Jefri Ardi)

Wisata yang patut dikunjungi saat berkunjung Kawasan Souh Lampung Barat adalah Kawah Nirwana Suoh yang berupa  kalderan gunung api yang masih aktif dengan luas mencapai 128 kilometer persegi, memiliki potensi geothermal yang cukup tinggi.

Kawah yang masuk dalam bagian Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini memiliki mata air panas yang memiliki cakupan manifestasi cukup luas yang terdiri dari fumarol, mata air panas, dan ornamen travertine yang merupakan hasil dari pengendapan ion bikarbonat yang dihasilkan dari pelapukan batuan akibat cairan hidrotermal.

Berikut jejak perjalanan kami ke Negeri Suoh dengan pesona Wisata 1.000 lembah.

Mentari baru saja menampakan wajahnya saat crew radartvnews.com berangkat menuju Lampung Barat dari Ibukota Bandar Lampung. Dengan menggunakan kendaraan roda empat kamipun melesat ke negeri “Beguai Jejama” yang artinya bekerja Bersama atau bergotong royong.

Perjalanan kami tempuh melalui pintu tol Kota Baru seusai mengisi saldo e-Tol. Sekitar satu jam lebih perjalanan, kami pun keluar melalui exit tol terbanggi dan melanjutkan perjalanan melalui jalan umum lantaran tak ada akses jalan tol setelah kabupaten lampung Tengah Menuju Lampung Barat.

Setelah melewati Kabupaten Lampung Utara yang merupakan kabupaten tertua di Provinsi Lampung dengan pemandangan perkebunan Kopi dan Lada serta Kebun Singkong di sepanjang perjalanan. Kami pun tiba di Bukit Kemuning yang merupakan salah satu kecamatan terbesar di kabupaten Lampung  Utara.

Disini kamipun menyempatkan istirahat dan makan sebelum melanjutkan perjalanan ke Lampung Barat. Usai beristirahat dan makan kamipun melanjutkan perjalanan menuju Lampung Barat.

Ada dua jalur jalan saat tiba di Bukit Kemuning, dimana untuk ke Lampung Barat kami harus memilih jalur ke kiri sementara jalur kanan adalah akses jalan menuju kabupaten Way Kanan.

Sekitar pukul 13.00 WIB kamipun tiba di kawasan rest area Lampung Barat di Puncak Sumber Jaya dimana terdapat masjid megah untuk kami menunaikan sholat dzuhur.

Bukan tanpa alasan, suasana asri dengan udara yang begitu sejuk dan dingin menjadi daya tarik tersendiri untuk mampir sejenak disini. Terlebih terdapat lokasi Tugu Muli Bathin dan pemandangan hijaunya perbukitan yang sangat memanjakan mata serta asyik untuk berswafoto.

Usai sholat dan beristirahat kami pun melanjutkan perjalanan menuju Suoh, berbekal Google Map kami diarahkan belok kiri menuju Jalan Muhammad Bunyanah setelah memasuki Kawasan Pekon Batu Balak Kecamatan Batu Beghak Kabupaten Lampung Barat tak jauh setelah melewati Gedung Dalom Kepaksian Pernong.