Scroll untuk membaca artikel
Hiburan

KAWS:HOLIDAY Hadir di Prambanan, Siapa Kaws dan Tujuannya Berlibur ke Indonesia?

8
×

KAWS:HOLIDAY Hadir di Prambanan, Siapa Kaws dan Tujuannya Berlibur ke Indonesia?

Share this article
Kaws : Holiday yang saat ini berada di Komplek Candi Prambanan DIY

Jagad maya di hebohkan dengan penampakan foto patung raksasa KAWS. Banyak netizen yang penasaran dengan sosok KAWS yang tiba-tiba liburan dan rebahan di Indonesia, tepatnya di Candi Prambanan. Lalu siapa sebenarnya KAWS dan jejak perlajanan Holidaynya ke sejumlah negara termasuk Indonesia ?

KAWS sendiri merupakan Patung raksasa karya seniman asal Amerika Serikat, yang memiliki nama asli Brian Donnelly. Kemudian ia menjadikan KAWS sebagai tokoh fiksi yang digunakan sebagai branding pada karya-karya seni yang Brian hasilkan. KAWS sering berkolaborasi untuk produk-produk pakaian, figure, hingga cover art.

Saat ini Kaws bisa dikunjungi di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berkolaborasi dengan dengan studio kreatif AllRightsReserved dan perusahaan hiburan AKG Entertainment, karya seni sepanjang 45 meter ini merupakan bagian dari tur dunia KAWS:HOLIDAY yang pertama kali diadakan di Seoul, Korea Selatan, pada tahun 2018.

“Kehadiran KAWS:HOLIDAY Organized by AllRightsReserved memberikan warna baru bagi destinasi Candi Prambanan,” kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Febrina Intan, Senin (21/8/2023).

Diketahui Patung raksasa KAWS akan berada di lapangan Candi Brahma di Kompleks Candi Prambanan sampai akhir Agustus 2023, yakni sejak Sabtu (19/8/2023) sampai Kamis (31/8/2023).

Pengelola Taman Wisata Candi Borobudur memberlakukan jam kunjungannya mengikuti jam operasional Candi Prambanan, tepatnya dari 07.00 WIB sampai 17.30 WIB.

Travelers yang ingin berfoto di depan karya seni merah muda ini diwajibkan terlebih dahulu membeli tiket masuk Candi Prambanan.

Dimana Tiket bisa dipesan baik dari situs web maupun langsung di lokasi. Harga tiket masuk Candi Prambanan sendiri untuk wisatawan nusantara mulai Rp 25.000 untuk pengunjung anak dan mulai Rp 50.000 untuk pengunjung dewasa.

Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara (wisman), harga tiket yang dikenakan mulai Rp 225.000 untuk pengunjung anak dan mulai Rp 375.000 untuk pengunjung dewasa.

Saat ini Karya seni KAWS:HOLIDAY sedang menjadi “kaum rebahan’ di lapangan Candi Brahma di kompleks Candi Prambanan.

Dikutip dari laman resmi Candi Prambanan, Candi Brahma termasuk dari tiga candi di barisan barat yang menghadap ke arah timur. Ketiga candi tersebut adalah Candi Wisnu di sisi paling utara, Candi Siwa di tengah, dan Candi Brahma di sisi selatan.

Febrina menyampaikan, adanya karya seni tersebut di kompleks candi menjadi wujud nyata bahwa arsitektur kuno Candi Prambanan dan seni kontemporer dapat berpadu secara eksklusif.
Pengunjung pun tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk melihat atau berfoto dengan latar patung setinggi 50 meter tersebut.

“Pengunjung Candi Prambanan bisa menikmati patung KAWS:HOLIDAY dan dapat melihat langsung dari dekat dan berfoto tanpa dipungut biaya,” ujar Board Member AKG Entertainment, Axton Salim, dikutip dari Antara.

Meski diperbolehkan mendekati, pengunjung dilarang menyentuh atau memegang karya seni tersebut. “Kalau mendekati dan berfoto boleh, tapi tidak boleh memegang atau menyentuhnya. Ini untuk alasan keamanan dan keaslian karya,” tutur Axton

Setelah Seoul pada 2018, KAWS:HOLIDAY juga diadakan di destinasi lainnya yaitu Taipei, Hong Kong, Tokyo, Bristol, Singapura, Changbai Mountain, dan Melbourne.

Di beberapa destinasi tersebut, karya seni yang ditampilkan bukanlah berwarna merah muda, seperti di Indonesia melainkan berwarna abu-abu.

Tidak hanya itu, di beberapa destinasi, karya seni yang ditampilkan berada dalam posisi rebahan sembari menatap langit. Sebut saja di Seoul, Hong Kong, dan Tokyo. Di Hong Kong, misalnya, karya seni KAWS:HOLIDAY mengambang di Victoria Harbour dengan kapal yang berlalu-lalang di dekatnya.

Posisi karya seni tersebut terlentang menghadap ke langit dengan kedua tangan terbuka. Namun tidak semua kaya senin KAWS, beberapa karya KAWS:HOLIDAY juga ada yang mengapung di langit, seperti di Bristol dan Melbourne Australia.

Biar Travelers gak Penasaran bisa melihat langsung Patung Kaws di kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (*)