Scroll untuk membaca artikel
Kesehatan

Bocah Tewas Karena Infeksi Bakteri Yang Dikira Flu Biasa, Ini Tanda-Tandanya

28
×

Bocah Tewas Karena Infeksi Bakteri Yang Dikira Flu Biasa, Ini Tanda-Tandanya

Share this article
Ilutrasi Photo

Naas Menimpa Cathy Kassis bocah berusia 5 tahun asal Australia, dirinya meninggal dunia usai terinfeksi Strep A.

Diketahui Strep A merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pernapasan dan kulit. Infeksi yang ditimbulkan dapat berefek ringan hingga parah.

Kasus kematian yang dikira flu biasa ini bermula saat Ayah tiri Kassis, Justin Sutton mengatakan bahwa istrinya, Jazz Worobez begitu khawatir dengan kondisi anaknya.

Setelah mendapati kondisi anaknya makin parah ketakutan istrinya makin bertambah, namun dokter meminta mereka tidak khawatir karena kondisi Kassis disebabkan oleh virus sederhana.

“Ya tiga hari setelah Kassis mulai kehilangan suaranya, kami jelas menjadi sedikit khawatir. Tapi para dokter mengatakan itu hanya infeksi virus dan kami terus melakukan apapun yang kami bisa,” ucap Sutton dikutip dari NY Post, Senin (11/9/2023).

Kondisi Kassis makin memburuk hingga mengalami kesulitan bernapas. Ia lantas dilarikan ke rumah sakit.

“Dia tidak bisa bernapas dengan baik. Kondisinya terlihat seperti serangan asma atau seseorang dengan emfisema yang mencoba bernapas,” lanjut Sutton.

Setibanya di rumah sakit, tim medis juga mengatakan hal yang sama. Ketika hasil tesnya negatif, disimpulkan bahwa Kassis mengalami infeksi virus dan dipulangkan.

Kemudian pada 28 Agustus, Kassis kembali dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans lantaran bibirnya membiru. Kassis saat itu pingsan dan jatuh di pelukan Worobez.

Sutton melakukan prosedur CPR sambil menelepon layanan darurat sekitar 15 menit. Kemudian tim medis datang dan mengambil alih sembari memasang defibrillator.

Dirinya akhirnya diterbangkan dengan helikopter polisi ke RS Anak Westmead, namun 78 menit kemudian CPR selesai dan Kassis dikabarkan meninggal dunia.

“Tim medis mengatakan bahwa Kassis mengalami mati otak. Petugas menemukan bahwa penyebab kematiannya adalah Strep A. Pihak RS mengetahuinya melalui tes swab di tenggorokan,” jelas Sutton.

Setelah meninggal dunia, beberapa organ tubuh Kassie disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

“Kassie mendonorkan tiga organ, dan ketiga penerimanya kini diharapkan bisa pulih sepenuhnya,” jelas Sutton.

“Dia melambangkan Kassie merupakan pahlawan super di kehidupan nyata, dan tidak banyak orang yang bisa mengatakan itu. Sesuatu yang merupakan momen terburuk dalam hidup kami setidaknya dia mampu menyelamatkan tiga keluarga lainnya, dan itu adalah hal yang indah,” pungkasnya.

Streptococcus Grup A, juga dikenal sebagai Strep A, adalah bakteri yang biasa ditemukan pada kulit atau tenggorokan. Dalam keadaan tertentu bakteri ini dapat menyebabkan penyakit.

Infeksi Strep A umumnya muncul sebagai sakit tenggorokan ringan ‘radang tenggorokan’ dan infeksi kulit atau jaringan lunak seperti impetigo dan selulitis. Dikutip dari NHS, Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi Strep A :

Tonsilitis
Sakit tenggorokan

Demam scarlet

Impetigo
Erysipelas
Selulitis
Radang paru-paru

Diketahui bila bakteri Strep A setidaknya telah menewaskan 50 ribu orang di seluruh dunia setiap tahunnya. Bakteri ini juga menginfeksi sekitar 750 juta orang lainnya.

Untuk itu para orang tua mesti hati-hati bila mendapati buah hatinya yang masih anak-anak mengalami gangguan pernapasan seperti gejala diatas. (*)