Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

26 Awak Kapal MV Samudera Sakti III Terbakar Berhasil Diselamatkan, 1 ABK Luka-Luka

699
×

26 Awak Kapal MV Samudera Sakti III Terbakar Berhasil Diselamatkan, 1 ABK Luka-Luka

Share this article
SELAMAT : Seluruh kru Kapal MV samudra Sakti III berhasil dievakuasi oleh Basarnas Lampung. (Foto Basarnas)

BANDARLAMPUNG : Tim SAR Gabungan berhasil mengavakuasi seluruh kru Kapal MV Samudera Sakti III yang mengalami kebakaran di Perairan Tarahan Lampung Selatan pada Ahad 24 September 2023, dengan selamat.

Di kapal berbendera Indonesia itu, total ada 26 Person On Board (POB) dengan rincian 24 ABK dan 2 vendor. Seluruhnya berhasil diselamatkan, dengan seorang diantaranya mengalami luka bakar.

Awalnya, Basarnas Lampung merima informasi dari agen kapal Rahmat Febri terkait insiden kebakaran Kapal MV Samudera Sakti III di perairan koordinat 5° 31.500’S – 105° 18.180’T sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah langsung mengerahkan 1 Tim Rescue KN SAR Basudewa menggunakan RIB 03 (Rigid Inflatable Boat) menuju lokasi dan melaksanakan evakuasi. Tim tiba di lokasi sekira pukul 09.29 WIB langsung memantau dan stanby.

Pukul 10.52 WIB Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap 26 POB menggunakan RIB 03 Lampung dengan mengevakuasi 7 orang dan 19 orang lainnya dievakuasi dengan TB. Alpin Marine 20.

”Alhamdulillah, seluruh POB dalam keadaan selamat dan 1 POB mengalami luka bakar ringan atas nama Slamet Jumari (3RD Engineer),” ujar Deden.

Berikutnya, RIB 03 Lampung dan TB Apline 20 menuju ke Dermaga Deltong Bukit Asam untuk droping seluruh POB., Tim SAR Gabungan melanjutkan pemantauan terhadap pemadaman Kapal MV Samudera Sakti III.

Berikut Data Kapal :

Nama : Samudera Sakti III

MMSI : 525800871

Call Sign : YCT2

Bendera : Indonesia

POB (Person On Board) : 26 Orang (24 ABK dan 2 Vendor)

Terkait bantuan evakuasi, terdapat 3 kapal tunda membantu pemadaman di bagian buritan dan kamar mesin yaitu TB. Alpine Marine 20, TB. Aria Citra VIII dan TB. AJ 1.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator) menyatakan kebenaran informasi tersebut. ” Selanjutnya untuk proses pemadaman kapal dan kondisi kapal terupdate dapat dikoordinasikan dengan pihak terkait.” Kata Deden.(*)