Scroll untuk membaca artikel
Tulang Bawang

Tim SAR Gab Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam di Embung PT SIL

526
×

Tim SAR Gab Berhasil Evakuasi Korban Tenggelam di Embung PT SIL

Share this article
DITEMUKAN : Tim SAR gabungan berhasil evakuasi korban tenggelam di embung PT SIL. (Foto Basarnas)

TULANGBAWNAG  : Memasuki hari ke empat, upaya Tim SAR Gabungan mencari korban tenggelam di embung PT Sweet Indo Lampung (SIL) membuahkan hasil.

Tim SAR menemukan korban Heri Purnomo dalam kondisi meninggal dunia (MD) di dasar embung dengan kedalaman empat meter, pada Selasa 26 September 2023, sekira pukul 10.45 WIB.

Sesuai skenario, pencarian hari ke empat ini dimulai pukul 06.30 WIB. Tim Sar gabungan dibagi menjadi 3 SRU (SAR Rescue Unit). Dengan tugas, SRU I melaksanakan pencarian dan penyelaman menggunakan UWSD dan Aquaeye. Kemudian, Tim SRU II menyisir secara manual sepanjang pinggir embung dan melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian.

”SRU tiga menggunakan excavator mencari dengan cara menguranggi volume air embung dan membersihkan sampah disekitar lokasi,” kata Koordinator Unit Siaga SAR Tulang Bawang Santossa mewakili Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah.

Qodarullah, memasuki pukul 10.55 WIB, Tim SRU yang melaksanakan pencarian secara manual berhasil menemukan pria berusia 51 dalam keadaan meninggal dunia sekitar 4 meter dari lokasi penyelaman.

“Alhamdulillah, korban atas nama Heri Purnomo telah ditemukan dan langsung dievakuasi menuju rumah duka,” kata Tossa.

Diketahui, korban dinyatakan hilang  tenggelam sejak empat hari lalu atau Sabtu 23 September 2023 petang. Saat itu, korban turun melakukan penyelaman untuk mengambil galon berisi air mineral yang jatuh dan tenggelam. Sementara, dua rekannya menunggu di bagian atas embung.

Korban berhasil mengangkat lima galon, namun saat menyelam untuk mencari galon berikutnya, korban tak kunjung muncul ke permukaan.  Kedua rekannya sempat melakukan pencarian secara manual. Namun hingga malam, tak kunjung ditemukan. (*)