Tuesday, August 3, 2021

Pasien Thalasemia Meningkat, Layanan BPJS Lambat

Most Read

radartvnews.com- Pasien Thalasemia atau kelainan sel darah merah di Kota Bandar Lampung terus meningkat. Dari data pasien di Ruang Khusus Pelayanan Anak Alamanda Rumah Sakit Abdoel Muluk (RSUDAM) Bandar Lampung hingga juli 2018  jumlah pasien mencapai 180 pasien. Pasienharus menjalani rawat dan rutin melakukan transfusi darah.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2017 pasien Thalasemia berjumlah 156 pasien. Didi Arief Ficeska Penanggung Jawab Pasien Thalasemia RSUDAM menjelaskan, pasien setiap bulan selalu melakukan transfusi darah untuk meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

“jumlah pasien meningkat dan setiap bulan harus melakukan tranfusi darah,” ujar Didi (18/6).

Sementara itu Ketua Perhimpunan Orang Tua Penderita Thalasemia Indonesia (POPTI) Wilayah Bandar Lampung Fajar Sidik menjelaskan, pemahaman terkait penyakit ini masih kurang. Ragam upaya dilakukan untuk membantu orang tua guna membantu agar pengobatan dan tranfusi darah dapat terus dilakukan setiap bulan.

Berita Lainnya  Banjir Surut di Kelurahan Kangkung Sisakan Lumpur

“beberapa pasien mengeluhkan terkait prosedur pelayanan saat pasien akan melakukan transfusi darah, pasien berharap BPJS ataupun Rumah Sakit memberikan konpesasi pasien dapat pelayanan cepat,” ujar Fajar.

Berita Lainnya  Tes Swab Acak Pemkot, Sasar Pusat Keramaian

Diketahui bahwa Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal,  zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin.(ren/san)

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Ribuan Burung Prenjak & Gelatik Diselundupkan

Radartvnews.com- Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung bekerjasama dengan Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan Wilayah Bengkulu- Lampung berhasil mengagalkan pengiriman ribuan...

berita terkait lainnya