Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungUtama

Puncak Gerhana Bulan di Bandar Lampung Tertutup Awan

14
×

Puncak Gerhana Bulan di Bandar Lampung Tertutup Awan

Share this article
Dalam pengamatan di Itera kondisi langit sebelah timur yan berawan, sehingga sempat menutupi bulan.

Radartvnews.com- Sejumlah mahasiswa program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Itera, sejak Rabu petang melakukan pengamantan gerhana bulan total di Observatorium Astronomi Itera Lampung (Oail).

Hendra Agus Prastyo Dosen Sains Atmosfer Dan Keplanetan Itera, 3 unit teleskop mahasiswa ini mengamati fenomena astronomi gerhana bulan total secara bersama. Dalam pengamatan ini kondisi langit sebelah timur berawan menjadikan  puncak gerhana tertutup awan dan tak terlihat namun gerhana akhirnya bisa terlihat setelah sekitar  5 menit tertutup awan.

“Dalam pengamatan ini kondisi langit sebelah timur yang  berawan, puncak tak terlihat namun gerhana akhirnya bisa terlihat setelah kurang lebih 5-10 menit  tertutup awanm” jelasnya.

Fenomena alam ini menjadi tontonan bagi warga yang ikut menyaksikan di OAIL Itera Lampung. Banyak warga yang takjub akan fenomena Blood Moon yang bisa disajikan dengan mata telanjanh ini.

Warga Gelar Salat Gerhana

Masjid Raya Airan Sukarame, Bandar Lampung, menggelar salat gerhana bulan pada 26 Mei 2021. Salat gerhana dilakukan usai melakukan salat magrib.

Sejumlah jemaah dengan khusyuk saat menunaikan ibadah salat gerhana, karena masih dalam masa pendemi  jumlah jemaah dibatasi..

Saat terjadi gerhana bulan, masyarakat akan melihat bulan berwarna merah atau terkenal dengan super Blood Moon di Provinsi Lampung menjadi salah satu wilayah yang dapat melihat fenomena tersebut.(rmd/san)