Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Sidak, Hewan Kurban Sakit dan Tak Cukup Umur

4
×

Sidak, Hewan Kurban Sakit dan Tak Cukup Umur

Share this article
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung sedang memeriksa kesehatan hewan kurban.

Radartvnews.com – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung melakukan sidak ke sejumlah lapak penjualan hewan kurban, salah satunya di Jalan Rasuna Said, Teluk Betung, Bandar Lampung.

Sidak guna memastikan kesehatan hewan kurban serta memastikan hewan kurban yang dijual sesuai kecukupan umur.

Pemantauan hewan kurban serentak di 15 kabupaten/kota di Lampung. Dari hasil pemantauan, tim menemukan adanya hewan kurban seperti kambing dalam keadaan sakit ringan seperti memiliki penyakit scabies atau gudik dan gatal-gatal.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet Dinas Peternakan Provinsi Lampung, Anwar Fuadi mengatakan bahwa selain menemukan adanya hewan kurban yang memiliki penyakit ringan, pihaknya juga masih menemukan adanya hewan kurban yang belum memiliki kecukupan umur untuk dikurbankan.

Oleh karena itu, pihaknya menyarankan agar hewan kurban yang belum cukup umur untuk tidak dijual. Selain itu, hewan kurban yang memiliki penyakit ringan diminta untuk dipisahkan dan diberi obat.

Sementara itu, hewan kurban yang dinyatakan sehat dan umurnya sesuai, tim pemantau langsung memberikan tanda pada setiap hewan kurban.(lds/san)