Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Observatorium Astronomi Lampung Beroperasi 2018

1
×

Observatorium Astronomi Lampung Beroperasi 2018

Share this article
Observatorium Astronomi Lampung Beroperasi 2018
Observatorium Astronomi Lampung Beroperasi 2018

radartvnews.com – Institut Teknologi Sumatera menggelar Sosialisasi Observatorium Astronomi ITERA Lampung dan Nonton Bareng Film Iqro Petualangan Meraih Bintang di XXI Mall Boemi Kedaton,  Jumat Pagi.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putera, dan Kepala Dinas PU Bina Marga Budhi Darmawan ini sekaligus memberikan informasi terkait rencana ITERA dalam Pembangunan Observatoriun Astronomi.

Rektor ITERA, Ofyar Z Tamin mengatakan Pembangunan Observatorium Astronomi ini merupakan hasil kerjasama antara ITERA, Pemerintah Provinsi Lampung dan ITB, dimana dalam hal ini Pemprov Lampung berperan dalam menyediakan lahan ideal untuk dibangun Observatorium Astronomi.

Ofyar menyebut untuk Pembangunan Observatorium ini anggaran yang dibutuhkan mencapai 300-400 Milyar Rupiah termasuk untuk pembelian alat-alat yang diperlukan seperti Teleskop.

saat ini proses pembangunan gedung dilokasi sudah berjalan, sehingga pihaknya optimis Observatorium Astronomi ini sudah dapat beroperasi pada tahun 2018 sedangkan proses pembangunan akan terus berjalan hingga tahun 2022.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung sangat mensupport rencana Pembangunan Observatorium Astronomi yang digadang-gadang akan menjadi tempat Pengamatan Astronomi terbesar dengan Teknologi Modern.

Bentuk support Pemprov Lampung salah satunya adalah dengan menyediakan lahan seluas 50 Hektar untuk Pembangunan Observatorium Astronomi.

Namun, tidak hanya pembangunan gedung observatorium, pihaknya juga akan menyiapkan infrastruktur lain yang dibutuhkan.(Ayu/Bow/Liz)