Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Harga Sejumlah Kebutuhan Bahan Pokok Alami Kenaikan

0
×

Harga Sejumlah Kebutuhan Bahan Pokok Alami Kenaikan

Share this article
Harga Sejumlah Kebutuhan Bahan Pokok Alami Kenaikan
Harga Sejumlah Kebutuhan Bahan Pokok Alami Kenaikan

radartvnews.com – Dampak dari cuaca buruk yang tak kunjung selasai memberikan dampak negatif pada harga kebutuhan bahan pokok, kenaikan sejumlah harga kebautuhan bahan pokok terpantau di sejumlah Pasar Tradisional di Kota Bandar Lampung, salah satunya di Pasar Pasir Gintung.

Salah satu pedagang, Fatimah mengatakan bahwa kenaikkan harga terjadi pada harga komoditi bawang, cabe dan beberapa sayur mayur. Kenaikkan harga berkisar dari 4 hingga 12 ribu rupiah perkilo.

Fatimah menyebut jika sebelumnya harga bawang merah 28 ribu kini naik menjadi 40 ribu rupiah perkilo, bawang putih 25 menjadi 36 ribu rupiah, cabe rawit dari 70 naik menjadi 80 ribu rupiah perkilo. Sedangkan untuk harga rampai dari 6-8ribu kini menjadi 12 ribu rupiah. Kenaikkan harga ini akibat sejumlah petani gagal panen karena cuaca buruk dan banjir yang terjadi disejumlah daerah.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh pedagang lain, Warsini. Dirinya mengaku banyak pembeli yang komplain lantaran kenaikkan harga yang cukup tinggi. Menurutnya, saat ini banyak pembeli yang membeli dagangannya dalam jumlah yang sedikit. Akibat mahalnya harga ini, omset yang dihasilkan juga mengalami penurunan.

Kenaikkan harga juga terjadi pada harga ayam potong dan harga komoditi laut seperti ikan, cumi-cumi dan udang.(Liz/Bow)