Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Sekolah Perketat Sertifikat Bodong

0
×

Sekolah Perketat Sertifikat Bodong

Share this article
Sekolah Perketat Sertifikat Bodong
Sekolah Perketat Sertifikat Bodong

radartvnews.com – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru jenjang SMA/SMK secara online telah dibuka sejak kemarin. Pada hari kedua pendaftaran PPDB sejumlah sekolah terlihat memperketat proses seleksi terutama dalam menseleksi sertifikat yang dimiliki siswa dalam PPDB jalur prestasi. Hal ini disampaikan ketua panitia PPDB SMK Negeri 4 Bandar Lampung Darpin.

Darpin mengatakan bahwa sertifikat prestasi memang rentan dipalsukan pada penerimaan peserta didik baru. Sebab ini merupakan salah satu indikator penilaian kelulusan yang dapat mendongkrak peringkat peserta untuk jalur prestasi. Oleh sebab itu, sertifikat yang diterima hanya sertifikat yang telah dilegalisir sekolah asal atau tempat sertifikat tersebut dikeluarkan. Selain itu, pendaftaran juga dilakukan terpisah dengan reguler.

Darpin menyebut untuk jalur prestasi ini kuota yang ditentukan sebanyak 5 persen.  Prestasi yang diperhitungkan meliputi kejuaraan, lomba yang berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota sampai tingkat Internasional, dimana tiap-tiap jenjang memiliki penilaian tersendiri. Selain itu,  sertifikat yang diterima harus dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. (Rie/Liz)