Scroll untuk membaca artikel
EventLampung Selatan

Panen Raya Padi Inpari 30 Dongkrak Beras Nasional

12
×

Panen Raya Padi Inpari 30 Dongkrak Beras Nasional

Share this article
FOTO ILUSTRASI.

Radartvnews.com- Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto bersama Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, dan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI Suwandi melakukan panen raya padi dan pembenihan Varietas Unggul Baru (VUB) Inpari 30 di Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro Lampung Selatan.

Nanang Ermanto mengatakan, panen padi dan pembenihan VUB Inpari 30 diharapkan memiliki dampak positif bagi masyarakat Lampung Selatan.

Produksi padi di Provinsi Lampung khususnya Lampung Selatan dari tahun ke tahun telah  meningkatkan. Sehingga Provinsi Lampung dapat menyukseskan program pemerintah pusat program peningkatan produksi beras nasional.

Panen padi Inpari 30 ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Lampung Selatan, khususnya masyarakat petani di Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro untuk terus bekerja keras dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

Padi varietas unggul baru Inpari 30 dapat menghasilkan panen diatas 9 ton dalam satu hektar sawah. Untuk itu, pemerintah pusat akan terus memfasilitasi petani agar hasil panen yang ditargetkan dapat tercapai.

Selain panen padi, juga dilakukan bimbingan teknis dengan harapan petani Lampung Selatan bisa tumbuh mandiri menjadi penakar benih yang bisa menghasilkan benih unggul, sehingga tidak hanya menunggu bantuan dari pemerintah pusat.

Keluhan petani yang butuh bantuan traktor, pupuk, dan pengairan akan dibantu. Nanang Ermanto cukup bangga saat ini sudah panen dan petani sudah bisa melakukan pembenihan sendiri.

Sementara Ketua Komisi IV DPR RI juga memberian bantuan kepara para kelompok tani berupa 1210 batang benih kelapa bersertifikat Varietas KPK, sertifikat rekomendasi sebagai produsen benih, bibit padi Inpari 30 dan Inpari 32, bantuan pupuk hayati cair 100 liter, dan bantuan Alsintan Combine Harveseter kepada Gapoktan Sumber Makmur.(mai/san)