Scroll untuk membaca artikel
Lampung Barat

30 Menit Diguyur Butiran Es Sebesar Biji Jagung

6
×

30 Menit Diguyur Butiran Es Sebesar Biji Jagung

Share this article

SEKINCAU – Warga Sekincau   Kabupaten Lampung Barat, Pukul 16.45 WIB, Minggu (20/2), dibikin panik dengan fenomena hujan badai disertai butiran es.

Kendati terbiasa dengan suhu dingin, fenomena alam ini langka terjadi disini. Butiran es sebesar biji jagung turun hampir 30 menit.

Dilansir medialampung.co.id grup radartvnews.com, Kepala Lingkungan Kauman Gunawan menyebutkan akibat cuaca ekstrim hujan es disertai angin kencang itu menimbulkan kerusakan rumah warga.

Seperti terangkatnya atap seng rumah warga, diantaranya milik Sri Wahyuni dan beberapa lainnya Beruntung kejadian tersebut tidak menyebabkan korban walaupun terjadi kerugian.

Menurut Wagiyem angin kencang dan hujan es tersebut datang dari arah timur.

“Saya melihat langsung pusaran angin berputar di atas rumah ibu Sri dan karena khawatir akan terjadi hal lain saya langsung masuk di dalam rumah,” katanya.

Seperti diketahui fenomena hujan es adalah fenomena cuaca alamiah yang bisa terjadi dan termasuk dalam kejadian cuaca ekstrim.

Hujan es terjadi karena adanya awan cumulonimbus (CB). Pada awan ini terdapat tiga macam partikel yaitu butir es, butir air dingin, dan partikel es. (dnn/rie)