Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Prioritas 30 Persen Kuota Perempuan

13
×

Prioritas 30 Persen Kuota Perempuan

Share this article

BANDARLAMPUNG – Pendaftaran dan penerimaan berkas  calon anggota Panwaslu Kecamatan (Panwascam) untuk pemilu 2024, dibuka pada 21–27 September 2022.

Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Asep Setiawan menjelaskan, pihaknya akan memperhatikan untuk keterwakilan perempuan 30%.

Jika keterwakilan perempuan 30% tidak tercapai, tahapan pendaftaran diperpanjang untuk memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan,  agar hak politik perempuan sebagai warga negara diperhatikan.

Bawaslu Bandarlampung akan berkonsultasi ke Bawaslu Provinsi Lampung agar proses rekrutmen Panwaslu Kecamatan tetap dilaksanakan sesuai tahapan.

Jumlah total jajaran pengawas ADHOC di tingkat kecamatan mencapai 687 orang untuk 229 kecamatan se-Lampung. Bawaslu Bandarlampung akan merekrut 60 anggota Panwaslu Kecamatan untuk 20 Kecamatan se-Bandarlampung.

Calon anggota adhoc akan melalui  seleksi tes tertulis, dalam hal ini tes cat, sistem komputerisasi secara online. Peserta yang lolos ke 6 besar berhak mengikuti tes wawancara untuk menyeleksi 3 anggota Panwaslu kecamatan terpilih.

Diketahui, besaran honorarium Panwaslu Kecamatan telah diatur dalam surat menteri keuangan nomor: S-715/MK.02/2022, Perihal Standar Biaya Masukan Lainnya (SBML) pengawasan tahapan tertanggal 25 agustus 2022. Gaji pengawas adhoc untuk posisi ketua Panwaslu kecamatan, sebesar Rp 2,2 juta dan anggota sebesar Rp 1,9 juta.(jps/san)