Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungLampung Wawai

Tambahan Kuota Haji, Komisi V Harap Kuota Lampung Ikut Bertambah

2
×

Tambahan Kuota Haji, Komisi V Harap Kuota Lampung Ikut Bertambah

Share this article

Bandar Lampung – Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2023 terus di persiapkan secara matang oleh Biro Kesejahteraan Sosial Provinsi Lampung. Saat ini, Biro Kesra sedang melakukan lelang terkait penyelenggaran Ibadah Haji.

Dilihat dari laman lpse.lampungprov.go.id belanja sewa kapal terbang angkutan udara haji tahun 2023 di tender dengan pagu sebesar Rp. 34.521.614.400,00 yang saat ini masih dalam masa sanggah, sementara sewa alat lainya berupa sewa X – Ray di tender dengan Rp. 500.000.000,00.

Komisi V sebagai mitra kerja Biro Kesejahteraan Sosial berharap pelaksanaan haji tahun 2023 ini dapat berjalan baik, mulai dari segala bentuk fasilitas yang diberikan kepada calon jamaah haji hingga pendampingan haji.

Dirinya menilai, persoalan yang selalu muncul setiap pelaksanaan Haji yakni adanya keluhan pendamping haji yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Ibadah Haji ini kan rutin dilakukan setiap tahun. Jadi, yang ditugaskan menjadi pendamping Haji, benar – benar memperhatikan para Jamaah yang sedang melakukan Ibadah, bukan ngurusin pribadi atau keluarga yang ikut pada sat itu. Ini gak bener,” kata Sekretaris Komisi V DPRD Lampung,Mikdar Ilyas Rabu (10/05/2023).

“Jangan abaikan tugas pokoknya, tolong untuk amanah. Jadi, ketika pendamping melakukan ibadah Haji. Bisa menjadi Haji Mabrur, karena mereka sudah menggunakan uang negara, uang rakyat,” ujarnya.

Dilain sisi, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama mendapatkan tambahan Kuota Haji dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 8000 Jamaah Haji. Mikdar juga menyoroti kinerja Kanwil Kemenang Provinsi Lampung yang sampai saat ini belum memberikan informasi apakah Lampung juga mendapat tambahan Kuota Haji di tahun 2023 ini.

Jika memang setiap daerah mendapatkan tambahan Kuota Haji, dirinya berharap kepada Kanwil Kemenag Provinsi Lampung dapat membawa lebih banyak lagi tambahan Kuota Haji dan itu baru merupakan prestasi.

“Sampai saat ini, kami DPRD belum mendapatkan informasi dari Kanwil Kemenag terkait tambahan Kuota Haji, jika Lampung mendapatkan tambahan kuota haji saya berharap tambahnya banyak dan dapat di gunakan oleh calon jamaah haji yang telah lansia” ujarnya lagi.(dry).