Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Bedah Hewan Kurban, Panitia Temukan Cacing Hati di Dua Sapi

47
×

Bedah Hewan Kurban, Panitia Temukan Cacing Hati di Dua Sapi

Share this article
Petugas membuang dan menguburkan daging yang ditemukan cacing hati

Tim monitoring kesehatan dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro menemukan kasus cacing hati di dua sapi kurban di wilayah Metro Timur.

Temuan berdasarkan hasil pemeriksaan post mortem, Kamis siang 29 Juni 2023 di masjid Al Falah, Keluruhan Yosorejo, Metro Timur.

Temuan kasus merupakan data sementara, mengingat tim akan terus memonitoring kegiatan kurban selama dua hari di masjid dan musala.

Tim dari tenaga medis dan dokter hewan  berencana melakukan pendataan dan pemeriksaan sebelum dan pasca pemotongan hewan kurban di 350 titik tersebar di 22 kelurahan.

“Ada dua. Tadi langkahnya kita bedah, kita lihat hatinya, kemudian ternyata di dalamnya ada cacing pita. Alhamdulillah tadi kita temukan bagian-bagian yang tidak layaknya. Karena cukup serius, cacing pita, maka kita singkirkan, kita buang dan kita pendam,” kata Darmanto (29/6).

Masjid Al-Falah, yang berada di Jalan Way Seputih mengurbankan lima ekor sapi dan 10 kambing dengan jumlah 280 Mustahiq yang berhak menerima.

Hewan kurban dikumpulkan dengan sistem arisan jemaah masjid dan sumbangan mandiri warga setempat.(*)