Scroll untuk membaca artikel
Religi

Jemaah Haji Terima 5 Liter Air Zam-zam Tambahan

8
×

Jemaah Haji Terima 5 Liter Air Zam-zam Tambahan

Share this article
BERKAH : Jemaah haji tahun 1444 H asal Indonesia dipastikan terima tambahan air Zam-zam sebanyak 5 liter. (Foto Net)

BANDARLAMPUNG : Jemaah haji tahun 1444 Hijriah dipastikan akan menerima air zam-zam tambahan. Saat ini, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi secara bertahap mengirimkan tambahan air zam-zam untuk jemaah haji Indonesia.

Tambahan lima liter air Zam-zam menjadi berkah tersendiri bagi jemaah Indonesia. Pasalnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir jemaah haji Indonesia hanya memperoleh air Zam-zam sebanyak 5 liter.

Tercatat, 90 ribu galon air zam-zam ukuran 5 liter telah dikirim PPIH dari Saudi Arabia ke tanah air.

“Sejauh ini, 90 ribu galon air zam-zam sudah kita kirim. Masih banyak zam-zam yang harus dikirim,” terang Kadaker Bandara Haryanto, belum lama ini, di Jeddah, Arab Saudi.

Paket air zam-zam tambahan tersebut akan dikirim ke-13 embarkasi seluruh Indonesia. Untuk pengambilan menunggu informasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag provinsi masing-masing.

Secara teknis, jemaah atau keluarga jemaah bisa mengambil di embarkasi masing-masing daerah, dengan membawa paspor jemaah. ”Waktunya nanti kanwil kemenag yang akan menyampaikan informas,” terangnya.

Seperti diketahui, jemaah haji Indonesia akan memperoleh tambahan air Zam-zam sebanyak 5 liter di tahun 2023.

Total air Zam-zam yang diterima jemaah sebanyak 10 liter, dengan rincian: 5 liter pertama diterima jemaah setibanya di debarkasi. Adapun tambahan 5 liter berikutnya menunggu pengiriman tahap dua dari Saudi Arabia.

”Setibanya di tanah air, Jemaah menerima air zam-zam sebanyak 5 liter. Untuk air zam-zam tambahan, secara bertahap mulai dikirim dari Saudi Arabia,” Jelas Haryanto.

Kabar gembira tersebut pertama kali disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bersamaan dengan momen pelepasan keberangkatan jemaah kloter pertama Embarkasi Batam (BTH 01), 3 Juli 2023 lalu, di Syisyah, Makkah.(*)