Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Evakuasi 14 Jam, Jalur Kereta Palembang – Tanjungkarang Normal Kembali 

25
×

Evakuasi 14 Jam, Jalur Kereta Palembang – Tanjungkarang Normal Kembali 

Share this article
NORMAL : Jalur kereta api di Blambanganpagar, Lampung Utara mulai normal dan bisa dilintasi usai proses evakuasi selama 14 jam. (Foto Sastra Sudadi)

BANDARLAMPUNG : Proses evakuasi normalisasi jalur kereta api lokasi tabrakan antara KA Kuala Stabas versus truk tebu PT Budhi Darma Godam B (BDGB), di Lampung Utara, Selasa 18 Juli 2023, membutukan waktu hingga 14 jam.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendatangkan peralatan dari Lahat Sumatra Selatan (Sumsel). Bak truk dan lokomotif cc2018342  yang miring dan anjlok berhasil dinormalisasi.

Proses pemindahan membutuhkan waktu cukup lama, karena kondisi lokomotif anjlok. Untuk seluruh penumpang tujuan Baturaja, diberi layanan pengantaran menggunakan bus dan microbus.

”Hari ini, Rabu 19 Juli 2023 jalur sudah bisa dilintasi dan dipastikan aman,” kata M Reza Fahlepi, Pelakhar Manager Humas Divre IV Tanjungkarang.

Sebelumnya diberitakan KA Kuala Stabas dari Tanjungkarang tujuan Baturaja menabrak truk tebu BE 9124 AQ, yang mogok di perlintasan sebidang tanpa palang pintu tidak terjaga (liar) KM 81+0/1 Blambangan Pagar-Kalibalangan.

Pihaknya memastikan KAI berupaya semaksimal mungkin upaya normalisasi jalur termasuk perbaikan prasarana dampak kecelakaan.

”Atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf untuk pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan imbas peristiwa ini,” sambungnya.

KAI berkomitmen senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api.