Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Kurangi Sampah Makanan, Ini Pesan Komunitas Ruang Pangan Untuk Remaja dan Anak di Hari Anak Nasional 2023

44
×

Kurangi Sampah Makanan, Ini Pesan Komunitas Ruang Pangan Untuk Remaja dan Anak di Hari Anak Nasional 2023

Share this article

"Penyumbang sampah terbesar saat ini kan berasal dari sampah makanan (Food Waste), jadi harapannya dengan adanya kegiatan yang bertepatan dengan hari anak nasional ini anak-anak maupun remaja dapat mengetahui pentingnya makan secukupnya untuk menghindari timbunan sampah makanan, dan juga harapannya mampu mengedukasi mereka tentang perlunya mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi dalam mencegah Stunting"

Komunitas Ruang Pangan Ajak Remaja dan Anak-anak Peduli Sampah Pangan

Menyambut Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2023 mendatang. Komunitas Ruang Pangan menyelenggarakan acara yang bertemakan Ruang Pangan a Better Future for Children: Membangun Generasi ASIK (Aktif, Smart, Inovatif, dan Kreatif).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 22 Juni 2023 dan 23 Juni 2023 yang berlokasi di Nutrihub dan Kedaung Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 pelajar SMA yang merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah.

Pada kegiatan di hari pertama, perwakilan berasal dari SMAN 1 Bandar Lampung, SMA Al-Kautsar, SMA Gajah Mada Bandar Lampung dan MAN 1 Bandar Lampung.

Sementara untuk hari kedua akan dihadiri oleh 30 anak-anak usia sekolah dasar di sekitar Kelurahan Sukamaju Kecamatan Teluk Betung Timur Bandar Lampung. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari FORKOM Bidikmisi Universitas Lampung, Nutrifood, Nutrihub Lampung, Food Cycle, dan HMJ dari POLTEKKES Bandar Lampung.

Azzahra Sefta Soleha selaku CEO dari Komunitas Ruang Pangan mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kepedulian anak-anak maupun remaja dalam rangka mengurangi sampah makanan (food waste).

“penyumbang sampah terbesar saat ini kan berasal dari sampah makanan (Food Waste), jadi harapannya dengan adanya kegiatan yang bertepatan dengan hari anak nasional ini anak-anak maupun remaja dapat mengetahui pentingnya makan secukupnya untuk menghindari timbunan sampah makanan, dan juga harapannya mampu mengedukasi mereka tentang perlunya mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi untuk mendukung pertumbuhan anak-anak maupun remaja”, ungkap Azzahra kepada radartvnews.com, Sabtu (22/7/23).

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini anak-anak mampu mengimplementasikan konsep makan secukupnya guna menghindari perilaku mubadzir dan mengurangi timbunan sampah makanan yang pada akhirnya akan berdampak pada lingkungan.

Lalu Kapan Hari Anak Nasional diperingati, Sejarah, Tujuan dan Tema HAN 2023 sendiri ;

Kapan Hari Anak Nasional Diperingati ?

Anak Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya.

Peringatan HAN dilaksanakan setiap tanggal 23 Juli atau tepatnya pada tahun 2023 ini jatuh pada hari Minggu (23/7/2023), kita diingatkan mengenai hak dan perlindungan anak, menurunkan kekerasan terhadap anak, menurunkan pekerja anak, dan mencegah perkawinan anak.