Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Kronologis Ungkap Curanmor Antar Pulau Beromset Miliaran Rupiah

8
×

Kronologis Ungkap Curanmor Antar Pulau Beromset Miliaran Rupiah

Share this article
BARANG BUKTI : Truk pengangkut belasan motor curian komplotan Lampung. (Foto Dok)

JAKARTA : Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Peribahasa ini menggambarkan bahwa tidak ada yang selalu beruntung dalam tindak kejahatan.

Ungkap kasus komplotan curanmor antar pulau, Kentung cs dengan omset miliaran rupiah ini sebenarnya bukan melalui sebuah teknik penyelidikan ilmu kepolisian. Namun lebih karena naluri atau intuisi polisi jika tidak mau disebut keberuntungan.

Truk Plat BE Terparkir di Pinggir Jalan

Awalnya, patroli keliling di wilayah Kalideres, Jakarta Barat, hari Sabtu 29 Juli 2023 dinihari. Di pinggir jalan, petugas melihat ada truk Colt Diesel dengan pelat nomor polisi BE atau asal Lampung terparkir di pinggir jalan. Truk bermuatan penuh itu ditutup terpal warna oranye.

Sejumlah aparat mendekati truk tersebut. Belum sempat bertanya kepada sopir, tiba-tiba truk tersebut dinyalakan dan meninggalkan lokasi.

“Saat didekati anggota, sopir truk langsung menyalakan mesin dan bergerak ke arah Tangerang,” ujar Kapolsek Tambora Kompol Putra Permana.

Truk melaju kencang dan masuk ke jalan tol Tanggerang menuju Merak. Polisi curiga dan terus menguntit pergerakan truk. Tiba di gerbang Tol Cikupa, polisi langsung memberhentikan truk tersebut.

Dilakukan pemeriksaan muatan truk. Sekilas tidak ada yang mencurigakan, karena truk mengangkut perabotan pindahan seperti kasur, kursi, ember plastik dan lemari. “Namun, saat dicek lebih detail, ternyata di bawah tumpukan tersembunyi beberapa unit sepeda motor,” lanjutnya.

Petugas Semakin Curiga