Scroll untuk membaca artikel
Ekonomi

Cara Mencairkan Bansos PKH Tahap 3, Buruan Waktunya Sampai Bulan September 2023

20
×

Cara Mencairkan Bansos PKH Tahap 3, Buruan Waktunya Sampai Bulan September 2023

Share this article
PR PEMERINTAH : Provinsi Lampung masuk dalam 16 nasional, provinsi dengan angka kemiskinan tinggi. (Foto Hendarto Setiawan)

MASYARAKAT Indonesia penerima bantuan social Program Keluarga Harapan (PKH) harus rajin-rajin memeriksa informasi pencairan.

Nah, pemerintah pusat melalui laman indonesia.go.id. sudah melansir pencairan bansos PKH tahap 3. Pengumuman ini sudah disampaikan sejak bulan Juli 2023.

Bagi masyarakat yang sudah terdaftar bisa mencairkan bantuan sosial (bansos) PKH tahap 3. Pencairan bantuan pada tahap 3 berlangsung untuk Juli sampai September 2023.

Bantuan PKH adalah penyaluran dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk keluarga tak mampu atau rentan miskin.

Pemerintah menyalurkan bantuan ini guna membantu masyarakat dalam perekonomian atau jaring pengaman sosial.

Pemerintah di tahun 2023 ini masih menyalurkan sejumlah program perlindungan sosial bagi golongan masyarakat tak mampu maupun korban bencana alam seperti Program Sembako atau Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), dan Bantuan Permakanan untuk Lansia dan Disabilitas Mandiri.

Kemudian ada Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) Dikdasmen Kemendikbudristek, Beasiswa PIP Kementerian Agama, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Penerima Bantuan Iuran Kartu Indonesia Sehat/BPJS Kesehatan dan Tanggap Bencana.

Di tahun ini, bantuan PKH diberikan dalam empat tahap. Yakni, tahap 1 cair pada Januari–Maret 2023, tahap 2 pada April–Juni 2023, tahap 3 pada Juli–September 2023, dan tahap 4 cair pada Oktober–Desember 2023.