Scroll untuk membaca artikel
Peristiwa

Gajah Sumatera Ditemukan Mati di TNWK Tanpa Gading, Diperkirakan Sudah Seminggu

54
×

Gajah Sumatera Ditemukan Mati di TNWK Tanpa Gading, Diperkirakan Sudah Seminggu

Share this article
Photo Ist

RADARTVNEWS.COM – Perburuan terhadap gading Gajah di wilayah Lampung Timur masih terjadi. Seekor gajah Sumatera ditemukan tewas oleh petugas patroli survival hutan kawasan Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Mendapati adanya temuan gajah yang mati petugas patroli kemudian melapor kepada pihak balai TNWK, untuk ditindak lanjuti dan dilakukan olah TKP dengan tim dokter untuk mengetahui penyebab kematian satwa liar tersebut.

Pihak Balai TNWK bersama unit identifikasi Polres Lampung Timur dan unit Tipiter bersama Anggota Polsek Labuhan Ratu langsung mendatangi lokasi penemuan bangkai gajah. Selasa (15/3/2023) sore.

Untuk mendatangi lokasi penemuan bangkai gajah Polisi bersama Tim Dokter TNWK harus menempuh perjalanan menuju TKP -+ 1 jam 30 menit dengan masuk ke hutan kawasan dengan berjalan kaki.

Polisi yang tiba dilokasi langsung melakukan Olah TKP penemuan bangkai seekor gajah liar yang meninggal didalam hutan kawasan TNWK dan mendampingi dokter forensik hewan liar untuk melakukan otopsi.

Dari Hasil Olah TKP diketahui bahwa satwa merupakan gajah liar yang meninggal dengan kondisi sebagian sudah hancur mengalami pembusukan dan terlihat tulang tengkorak. Panjang satwa 3 meter dan tinggi 200 centimeter. Sementara untuk jenis kelamin belum bisa diketahui secara pasti dikarenakan kondisi bangkai sudah menjadi tengkorak Sebagian.

Tim dokter TNWK memperkirakan bila kematian Gajah tersebut  sudah lebih dari 1 Minggu. Dimana pada bagian tengkorak kepala sudah tidak ada gading yang melekat dengan lebar diameter pangkal gading 4 centimeter.

Untuk susunan gigi panjang 17 centimeter dan bagian atas bawah masih utuh. Ditemukan luka membulat pada bagian perut kanan dengan diameter -+ 6 centimeter yg sudah mengalami pembusukan. Ditemukan luka membulat di bagian belakang leher dengan diameter -+ 4 centimeter.  Petugas juga menemukan luka pada bagian paha belakang sebelah kanan dan sudah mengalami pembusukan.

Polisi memasang police line di are TKP penemuan bangkai Gajah Sumatera

Guna kepentingan penyidikan dilakukan pengambilan sampel pada bagian kulit yang terdapat luka membulat untuk dilakukan uji lab oleh dokter forensik satwa liar. Dilakukan pengambilan sampel tulang untuk mengetahui, umur, jenis kelamin satwa yang meninggal di kawasan hutan tersebut.

Usai melakukan Olah TKP, Polisi langsung melakukan pemasangan police line di lokasi dan menentukan titik lokasi kordinat ditemukannya satwa yang meninggal.

Kasat Reskrim Polres Lampung Timur Iptu Johannes saat dikonfirmasi membenarkan adanya penemuan gajah liar yang tewas di dalam hutan Way Kambas dan saat ini masih dalam proses penyidikan.

“Masih dilakukan penyelidikan, untuk mengetahui penyebab kematian satwa tersebut harus dilakukan uji laboratorium forensik di balai satwa liar, apakah satwa tersebut mati karena sakit atau ada penyebab kematian yang lain,” ungkap Iptu Johanes, Rabu (16/3/2023)

Dirinya membenarkan bila saat olah TKP tidak ditemukan adanya gading gajah dan polisi menemukan luka membulat pada bagian perut kanan dengan diameter 6 cm yang sudah mengalami pembusukan.

“Saat olah TKP memang ditemukan luka membulat di bagian belakang leher dengan diameter 4 cm dan pada bagian perut kanan dengan diameter -+ 6 centimeter,” ujar johanes

“Kalau soal luka membulat itu akibat peluru atau apa masih menunggu hasil autopsi lebih dulu ya” Tambah Johannes.

Faktanya memang saat dilakukan olah TKP oleh Polisi dan Tim Dokter TNWK tidak ditemukan Gading Gajah di lokasi penemuan bangkai. (*)