Scroll untuk membaca artikel
Unik dan Viral

Dosen Praktisi Mengajar Viral Minta Dipanggil ‘Yang Mulia’ oleh Mahasiswa, Ini Pengakuan Mahasiswinya

503
×

Dosen Praktisi Mengajar Viral Minta Dipanggil ‘Yang Mulia’ oleh Mahasiswa, Ini Pengakuan Mahasiswinya

Share this article
Tangkapan Layar Video percakapan dosen dan mahasiswa

Belum lama ini seorang dosen asal Aceh mendadak viral lantaran minta dipanggil ‘Yang Mulia’ oleh mahasiswa yang diajarnya.

Sosok dosen viral itu disebutkan bermana Silvandrie yang mengajar mata kuliah Psikologi Sumber Daya Manusia dalam program Praktisi Mengajar.

Viralnya ulah sang dosen setelah salah satu mahasiswa yang diketahui Bernama Chintya Nindhi, membuat dan mengunggah video viral mengenai dosen yang ingin dipanggil “Yang Mulia” itu dan menjelaskan aturan tersebut berlaku sejak Jumat (22/9/2023).

Dalam percakapan di grup kelas saat itu, Dosen Silvandrie tengah memperkenalkan diri sebagai dosen yang akan mengajar matkul tersebut.

“Di matkul tersebut ada program praktisi mengajar yang mana akan ada seorang praktisi kebidangan yang akan membantu mengajar di kelas,” ujar mahasiswa Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, yang saat ini mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 3 di Universitas Muhammadiyah Aceh, Banda Aceh.

Baca Juga :   Rusak Jalan Di Depan Mata Pejabat Way Kanan Tak Juga Diperbaiki

“Bapak Andrie ini adalah praktisi kami sekaligus bekerja sebagai HR di rumah sakit Meuraxa Banda Aceh,” sambungnya.

Chintya menyampaikan bahwa ia belum pernah bertemu dengan Silvandrie yang pada Jumat lalu meminta mahasiswa untuk memanggil dirinya sebagai “Yang Mulia”.

Tak hanya itu, sang dosen juga punya aturan nyeleneh setiap mengajar. Aturan tersebut harus ditaati para mahasiswanya. Mulai dari kewajiban punya aplikasi TikTok hingga baterai HP harus terisi penuh.

Sebagai mahasiswa Chintya mengaku belum mengetahui maksud Silvandrie memberikan aturan tersebut sebagai bentuk candaan atau tidak. Namun, dirinya memandangnya sebagai aturan yang harus diikuti.

“Kalau POV (point of view atau sudut pandang) saya sebagai mahasiswa, ya saya hanya mengikuti rules yang diberikan beliau kepada kami,” ujarnya.

Baca Juga :   HOTEL HOLIDAY INN LAMPUNG BUKIT RANDU | Part 3

” Si Dosen (Silvandrie, Red) memberikan beberapa rules yang wajib ditaati dan masing-masing kelas pasti memiliki rules-nya tersendiri,” lanjut Chintya.

Aturan Dosen Nyeleneh

Adapun aturan unik yang berlaku di kelas Chintya, di antaranya:

1. Jangan panggil saya Bapak. Karena saya bukan bapak2.

2. Jangan panggil saya abang, karena saya bukan Abang klen.

3. Panggil saya YANG MULIA

4. Pastikan tiap HP memiliki Aplikasi TikTok.

5. Pastikan baterai Hp terisi penuh.

6. Pakai Pakaian TERBAIK Kalian.

7. Perempuan wajib Make Up. Terserah make up gmn.

8. Bagi laki-laki DILARANG PAKAI SEPATU FUTSAL.

9. Ketika kelas berlangsung, Jangan pura2 nyatat kek anak pintar. Kecuali catat betulan

Atas keingianan sang dosen dengan aturan perkuliahan tersebut kemudian dibalas oleh mahasiswa di kolom pesan dengan jawaban yang diinginkan dosen.

Baca Juga :   Nur Lailatul Bisriyah, S.Ag (Nuzulul Qur'an)

“Baik, dimengerti yang mulia,” balas mahasiswi bernama Putri.

Siap dipahami yang mulia,” sahut Farah, mahasiswi lainnya.

Unggahan berisi pesan dosen yang meminta dipanggil “Yang Mulia” sudah ditayangkan sebanyak 1,4 juta kali.

Sebagai mahasiswa yang sudah banyak bertemu mahasiswa Chintya menuturkan, aturan dari Silvandrie yang meminta dipanggil “Yang Mulia” membuat mahasiswa lain kaget.

Apalagi mereka baru pertama kali bertemu dengan dosen yang ingin dipanggil “Yang Mulia”.

“Hanya, karena itu aturan dosen, jadi kami mengikuti saja. Kelas tersebut gabungan dari mahasiswa Unmuha dan PMM,” ungkap Chintya.

Saat ditanya lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2021 tersebut menyampaikan bahwa kelas yang diampu Silvandrie berlangsung pada senin.

Sayang sang dosen belum memberikan klarifikasi terkait unggahan video mahasiswa yang mengaku bila dosennya meminta dipanggil “Yang Mulia”. (*)