Scroll untuk membaca artikel
Lampung Wawai

Alhamdulillah, Hari ini 4 Daerah Di Lampung Diperkirakan Hujan Lebat Disertai Petir

1493
×

Alhamdulillah, Hari ini 4 Daerah Di Lampung Diperkirakan Hujan Lebat Disertai Petir

Share this article
ALHAMDULILLAH : Hujan lebat diperkirakan terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Lampung. (Foto BMKG)

RADARTV : Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah Azza wa jalla. Tiga daerah di Provinsi Lampung, hari ini Senin 9 Oktober 2024 diperkirakan mulai diguyur hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan secara umum, seluruh daerah di Provinsi Lampung masih mengalami panas terik menyengat.

Khusus tiga kabupaten, yakni Krui Kabupaten Pesisir Barat, Liwa Kabupaten Lampung Barat, Kotaagung Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Pringsewu ada kabar baik. BMKG telah mengeluarkan peringatan dini yakni waspada hujan lebat disertai kilat/petir bersifat lokalan di Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Tanggamus pada malam hari.

Meski tidak tertulis dalam peringatan akan terjadi hujan disertai petir. Namun dalam infografis yang dipasang di laman www.bmkg.go.id tercantum Kabupaten Pringsewu akan mengalami hujan lebat disertai kilat.

Terpantau pula, 11 kabupaten / kota lain dipastikan akan mengalami cerah berawan. Dari pantauan www.radartvnews.com, di Kota Bandarlampung sejak pagi angkasa semesta diselimuti awan hitam, dan gelap mendung. Tidak seterik hari-hari musim kemarau el nino.

”Mudah-mudahan, Allah membentuk awan ini menjadi tetesan hujan yang penuh barokah,” ujar salah seorang jamaan Masjid Al Royyan, Gedong Air, Bandarlampung.

Khusus di Liwa dan Krui diperkirakan selain hujan lebat disertai petir, juga akan turun kabut di malam hari. Untuk Kotaagung dan Pringsewu, kondisi malam diperkirakan hanya berawan saja.

Peringatan dini juga disampaikan BMKG kepada daerah-daerah lain yakni peluang terjadinya kebakaran lahan.    BMKG Pekanbaru menjelaskan Senin 9 Oktober 2024 terdapat 1.419 hotspot di Pulau Sumatra.  Distribusi titik panas sangat bervariasi di seluruh wilayah Andalas. Sama seperti beberapa hari belakangan, hotspot terbanyak masih muncul di Sumatera Selatan, yakni 1.015 titik.

Di Provinsi Jambi terdeteksi 122 titik, kemudian di Bangka Belitung 108 titi, di Lampung terpantau 77 titik, Riau 60 titik, Sumatera Barat 26 titik, dan Bengkulu 9 titik. Dua titik lagi berada di Kepulauan Riau. (*)