Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Lima Belas Menit Yang Berkesan dan Menjadi Viral

1445
×

Lima Belas Menit Yang Berkesan dan Menjadi Viral

Share this article
Foto Viral Pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan Mentan Syahrul Yasin Limpo (Dok Istimewa)

Beredar luas Foto pertemuan antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang menjadi viral dan menjadi topik perbincangan warganet.

Foto keduanya menjadi viral setelah penyidik KPK menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang berujung pengaduan ke Polda Metro Jaya oleh Syahrul Yasin Limpo, atas tuduhan pemerasan oleh pimpinan KPK di lingkungan Kementerian Pertanian.

Mantan atlet bulu tangkis nasional Haryanto Arbi yang berada di lokasi Gelanggang Olahraga atau GOR Tangki di Kawasan Mangga Besar pun turut membenarkan adanya pertemuan antara keduanya.

Haryanto Arbi mengatakan bila wajar saja bila banyak orang mengetahui adanya petemuan antara ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo karena saat itu kondisi GOR sedang ramai.

“Banyak orang di situ, mungkin ada 15-18 orang waktu itu,” ujar hariyanto.

Hariyanto mengatakan bila pertemuan di bangku panjang pinggir lapangan berlangsung singkat, sekitar 15 menit antara Firli dan Syahrul.

Begitu Syahrul pergi, Firli kembali bermain bulu tangkis. “Kita main, lanjut, main terus kok sampai 2-3 jam,” kata pemain bulutangkis yang pernah dijuluki memiliki ‘smash 100 watt’ ini.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri akhirnya buka suara soal foto viral yang menampakkan dirinya bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di sebuah lapangan bulutangkis. Firli membenarkan bahwa dirinya pernah bermain bulutangkis dengan Syahrul.

Firli mengatakan bahwa pertemuan tersebut tidak melanggar aturan di KPK. Sebab, kata dia, penyelidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang menyeret nama Syahrul dimulai pada Januari 2023. Sementara, pertemuan antara dirinya dan Syahrul terjadi pada 2 Maret 2022.

“Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu Saudara Syahrul Yasin Limpo terjadi sebelum periode (penyelidikan) tersebut,” kata Firli lewat keterangan tertulis, Senin, (9/10/2023).

Foto tersebut kerap dikaitkan dengan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap Syahrul yang tengah disidik oleh Kepolisian Daerah Metro Jaya. Firli juga dilaporkan ke Dewan Pengawas KPK lantaran haram bagi pimpinan KPK bertemu dengan orang yang tengah berperkara.

Firli mengatakan pertemuan dalam foto itu tidak terjadi secara sembunyi-sembunyi. Dia mengklaim bahwa pertemuan itu terjadi beramai-ramai dan di tempat terbuka.

“Dalam waktu tersebut, status Saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK. Kejadian tersebut pun, bukan atas inisiasi atau undangan saya,” kata dia.

Terkait viralnya foto itu, Firli menyinggung soal kemungkinan telah terjadi serangan balik oleh koruptor. Dia meminta masyarakat untuk tidak tergiring opini. “Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan,” tandasnya. (*)