Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Diterpa Isu Terima 1 Miliar, Ketua KPK : Saya Pastikan Itu Tidak Ada

469
×

Diterpa Isu Terima 1 Miliar, Ketua KPK : Saya Pastikan Itu Tidak Ada

Share this article
Ketua KPK Firli Bahuri

Kasus korupsi Kementerian Pertanian (Kementan) yang menjerat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo berbuntut isu suap terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri senilai 1 Miliar.

Menanggapi tuduhan tersebut, ketua KPK Firli Bahuri membantah tudingan melakukan pemerasan terkait kasus korupsi Kementerian Pertanian (Kementan) yang menjerat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Isu ini berawal dari Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri yang mengaku mendapat pertanyaan dari awak media.

Mantan Kapolda Sumatera Selatan itu kemudian menegaskan ia tak pernah meminta ataupun menerima uang yang dituduhkan berjumlah Rp1 miliar dalam bentuk pecahan dolar Singapura.

“Saya pastikan itu tidak ada. Bawanya satu miliar dolar itu banyak, loh,” tegas Firli kepada awak media dalam konferensi pers di Gedung Merah KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, (5/10/2023).

Dirinya juga menyangsikan terhadap upaya penyuapan kepada dirinya dengan nilai yang sangat fantastis itu.

“Siapa yang mau ngasih uang 1 miliar dolar itu,” tambahnya.

Dalam keterangannya, Firli juga membantah terkait adanya pertemuan antara dirinya dan Syahrul Yasin Limpo yang dibalut kegiatan olahraga bulu tangkis bersama di Kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat.

“Tempat itu terbuka. Jadi saya kira tidak akan pernah ada hal-hal orang bertemu dengan saya,” tegasnya.

Pensiunan Perwira dengan bintang tiga dipundak itu kemudian menegaskan pimpinan komisi antirasuah bekerja sesuai aturan yang ada. Firli justru menduga ada pihak yang sengaja memanfaatkan namanya untuk menipu.

Ini lantaran kejadian ini kerap dialami oleh pimpinan maupun pegawai KPK. Bahkan, pihak yang tak bertanggung jawab itu kerap memakai foto untuk meyakinkan pihak lain.

“Saya enggak tahu siapa yang melakukan itu dengan meminta segala sesuatu,” tandas Firli.