Saturday, July 24, 2021

Pemprov Lampung Terus Tingkatkan Minat Baca, Melalui Safari Gemar Membaca

Most Read

Pemerintah Provinsi Lampung terus meningkatkan minat baca masyarakat melalui Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Lampung Ir. Sutono, MM dalam acara Pembukaan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca dengan tema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Gerakan Nasional Gemar Membaca dalam rangka meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat” di Ruang Abung Balai Keratun.

Sutono menjelaskan bahwa membaca merupakan kunci yang diperlukan untuk membuka jendela  dunia.” Negara yang masyarakatnya gemar membaca cenderung memiliki peradaban yang maju” ujarnya.
Lebih lanjut, Sutono menambahkan upaya lain yang dilakukan seperti seminar, workshop, perlombaan, bedah buku dan sebagainya. Hal ini untuk meningkatkan pengetahuan dan sebagai sumber informasi masyarakat Lampung yang dapat dijadikan modal untuk bersaing di era globalisasi.

“Minat baca merupakan modal untuk meningkatkan kapasitas diri agar mampu bersaing di era globalisasi. Untuk itu, Masyarakat Lampung perlu mengubah kebiasaan,  dengan membiasakan diri membaca buku 15 menit perhari. Saya juga mengajak Masyarakat Lampung untuk mengunjungi perpustakaan ataupun ke toko buku minimal sebulan sekali. Karena hal ini akan meningkatkan minat baca.” kata Sutono.

Dalam kesempatan tersebut Sutono juga menghimbau Gubernur Lampung kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung dan Lembaga dan Instansi terkait untuk terus menggelorakan semangat membaca, sehingga Indeks Kegemaran membaca bagi masyarakat semakin meningkat. Untuk itu diperlukan koordinasi dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan.

Dalam kesempatan ini Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional RI Drs. DediJunaedi, M. Si, menambahkan bahwa dengan gemar membaca, maka akan membantu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Lebih lanjut, Dedi menambahkan bahwa saat ini sudah banyak gerakan untuk membantu masyarakat dalam gemar membaca seperti melalui murda pustaka,  angkot pustaka,  dan perahu pustaka. Diharapkan akan ada jendela Lampung yang membantu menumbuh kembangkan minat membaca masyarakat lampung. “Dengan adanya Jendela Lampung,  diharapkan kedepannya akan menjadi suatu media dalam membantu menumbuh kembangkan minat baca masyarakat lampung” Ujarnya.  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Herlina Warganegara menambahkan bahwa dengan meningkatkan minat baca masyarakat Lampung akan menjadi sebuah referensi untuk mampu bersaing di era globalisasi. (Rls)

 

berita menarik lainnya

UNTUK ANDA

BERITA TERKINI

Semangat Berbagi Berkah PLN UID Lampung, Bagikan 600 Paket Daging Kurban

Radartvnews.com - Perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah atau tahun ini sangat istimewa karena dilaksanakan di tengah pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat atau yang...

berita terkait lainnya