Scroll untuk membaca artikel
Pesawaran

Pesawaran Dinobatkan Termiskin Kedua di Lampung

6
×

Pesawaran Dinobatkan Termiskin Kedua di Lampung

Share this article
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona

Radartvnews.com – Memasuki usia ke 14 tahun, Kabupaten Pesawaran belum mampu keluar dari tiga besar sebagai kabupaten termiskin di Provinsi Lampung.

Berdasarkan persentase penduduk miskin kabupaten/kota se-Provinsi Lampung tahun 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik Lampung belum lama ini, Pesawaran memiliki angka kemiskinan tertinggi nomor dua sebesar 14,76% atau berada di posisi ke 13 dari 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Dengan luas wilayah sekitar 1.173 km persegi, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk sekitar 450 ribu jiwa dan tercatat sekitar 66 ribu jiwa masuk dalam kategori warga miskin dengan pengeluaran dalam 1 bulan kurang dari Rp 403 ribu.

Kepala Badan Pusat Statistik Pesawaran Sugiarto menjelaskan, secara persentase angka kemiskinan Pesawaran pada tahun 2020 mengalami penurunan. Namun, penurunan tersebut terbilang lambat dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya sehingga membuat Pesawaran belum bisa keluar dari 3 besar kabupaten termiskin di Lampung.

Dijelaskan, pada tahun 2019 angka kemiskinan pesawaran sebesar 15,19%, lalu pada tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 0,43% sehingga angka kemiskinan di Pesawaran tahun 2020 sebesar 14,76%.

Sementara, di usia Pesawaran yang ke 14 tahun, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona berharap badai yang sedang menerjang dapat segera berlalu sehingga program-program yang telah dicanangkan dalam jangka menengah maupun jangka panjang dapat terwujud dan tidak lepas dari dukungan semua masyarakat.

Diketahui, 3 besar kabupaten termiskin di Lampung yakni pertama, Kabupaten Lampung Utara sebesar 19,30%, kedua, Pesawaran sebesar 14,76 % dan ketiga, Kabupaten Lampung Timur sebesar 14,62%.(wfn/san)