Scroll untuk membaca artikel
Pemprov Lampung

Ketua TP PKK Himbau Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Rangka Memenuhi SDM

2
×

Ketua TP PKK Himbau Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Rangka Memenuhi SDM

Share this article
Ketua TP PKK Himbau Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Rangka Memenuhi SDM
Ketua TP PKK Himbau Tingkatkan Konsumsi Ikan Dalam Rangka Memenuhi SDM

radartvnews.com – Ketua TP PKK sekaligus Ketua Umum Forikan Provinsi Lampung Yustin Ridho Ficardo mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Lampung meningkatkan konsumsi ikan dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia dan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan di Provinsi Lampung. Demikian disampaikan dalam acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tahun 2017.

“Dengan meningkatkan konsumsi ikan maka kita akan berperan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, terutama bagi Provinsi Lampung meningkatkan pemanfaatan potensi ekonomi pasar dalam negeri serta meningkatkan  kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pembudidaya ikan dan pengolah hasil perikanan,” ujarnya.

Yustin menambahkan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung diharapkan mampu memperkenalkan ragam pangan unggulan hasil perikanan. Selain itu meningkatkan keterampilan memasak, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat serta menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

“Untuk itu, perlunya kebersamaan dalam mendukung dan memprogramkan kegiatan yang mampu memberi kontribusi dalam meningkatkan konsumsi makanan ikan, khususnya bagi Provinsi Lampung,”kata Yustin. Sementara Wakil Gubernur Bachtiar Basri menjelaskan dengan Lomba Masak Ikan Tingkat Provinsi secara tidak langsung akan mampu meningkatkan Inovasi dalam mengolah masakan berbahan Ikan. Sehingga ada variasi dalam menciptakan sebuah makanan sehat.

“Untuk itu,  dalam mengolah masakan,  jangan sampai menggunakan bumbu kimia. Makanan yang enak bukan berasal dari bahan kimia,  melainkan dari tangan dingin sang pengolah makanan,” tegasnya. Lebih lanjut,  Bachtiar menyampaikan tujuan penting lainnya dalam kegiatan ini adalah untuk membudidayakan ikan. “Walaupun menang ditingkat nasional,  apabila dalam budidayakan dan menjaga kelestarian ikannya kurang,  itu merupakan hal yang salah. Seperti adanya pengeboman ikan,  setrum, tuba dan lain-lain yang menyebabkan pengrusakan daerah ikan. Untuk itu, kita perlu menjaga kelestarian ikan,” kata Bachtiar.

Kepala Dinas  Kelautan dan Perikanan M. Ilyas Hayani menambahkan Gemarikan dilaksanakan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyebarluaskan program kampanye makan ikan, meningkatkan pemanfaatkan hasil perikanan lokal dalam penguatan pertahanan pangan rumah tangga lokal, regional dan nasional,  mengembangkan budaya makan ikan tingkat Provinsi Lampung dan meningkatkan konsumsi makan ikan di Provinsi Lampung.

Dalam Acara Lomba Masak Ikan yang terdiri dari kategori Lomba Masak Serba Ikan, Lomba Inovasi Menu Pembuka dan Lomba Inovasi Menu Utama. Adapun pemenangnya sebagai berikut untuk Lomba Masak Serba Ikan, Juara I  TP. PKK Kab.  Way Kanan, Juara II TP. PKK Kab.  Lampung Timur dan  Juara III TP. PKK Kab.  Lampung Tengah. Kategori Lomba Inovasi Menu Pembuka. Juara I  Gia Como Agung Rizki dari Kab. Mesuji, Juara II Arre Pangestu dari SMK Negeri 2 Metro dan Juara III Muhammad Suryadi dari Kab. Lampung Tengah. Kategori Lomba Inovasi Menu Utama, Juara I LuthfiBaihaqi dari Kabupaten Lampung Tengah, Juara II  Dandi Pandu Pratama dari SMK negeri 2 Metro dan Juara III  Zakiyani dari SUPM kota Agung. (Rls)