Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Fakultas Pertanian Unila Lahirkan Doktor ke-3 Ilmu Pertanian

15
×

Fakultas Pertanian Unila Lahirkan Doktor ke-3 Ilmu Pertanian

Share this article
Sidang terbuka promosi Doktor ilmu pertanian di gelar di Aula Pertanian, kamis pagi (30/7).

Radartvnews.com– Untuk ketiga kalinya Fakultas Pertanian Unila telah melahirkan seorang Doktor program studi ilmu pertanian.

Doktor ketiga ilmu pertanian tersebut atas nama Dr.Junita Barus yang melakukan Disertasi tentang pembenahan tanah ultisol menggunakan limbah biomasa tanaman pangan untuk meningkatkan hasil padi gogo dan jagung. Sidang terbuka promosi Doktor ilmu pertanian di gelar di Aula Pertanian, kamis pagi (30/7).

Penelitian ini dilakukan Junita Barus karena keprihatinannya melihat kondisi tanah ultisol atau tanah yang telah terdegradasi di Lampung yang luasannya mencapai 2 juta hektar. Doktor ini mengajak masyarakat pentani memanfaatkan limbah hasil panen untuk mengembalikan kesuburan tanah.

Junita melakukan penelitian bagaiamana memanfaatkan limbah biomasa tanaman pangan yang melimpah terdapat di sekitar kita, agar nanatinya tanah tanah yang masuk kaegori ultisol itu dapat di pugar dan dimanfaatkan sebagaai lahan produktif oleh masyarakat petani di Provinsi Lampung.

Dr.Junita Barus menyampaikan, ia berjanji akan mengimplementasikan hasil hasil penelitanya ini kepada masyarakat petani untuk kesuburan lahan secara berkelanjutan.

“Jika biasanya kita melihat budaya yang dilakukan para petani kita yakni membakar sisa limbah panen, berupa serasah, padahal limbah yang melimpah itu dapat di manfaatkan sebagai pupuk organik berdasakan hasil penelitian secara fisik, kimia maupun bilogi bermanfaat sangat baik untuk mengebalikan kesuburan tanah” jelas  Junita Barus.

Dekan Fakultas Pertanian Unila Prof. Dr. Irwan Sukri Banuwa menyampaikan rasa haru dan bangga bahwasanya Fakultas Pertanian telah berhasil melahirkan Doktor ilmu pertanian untuk  ketiga kalinya. Kedepan akan adalagi kandidat kandidat Doktor yang melakukan pengembangan dan penelitian di bidang ilmu pertanian dengan 11 minat yang ada di fakultas ini.(fit/san)