Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Asperapi Lampung Gelar Pemulihan Ekonomi Melalui MICE

11
×

Asperapi Lampung Gelar Pemulihan Ekonomi Melalui MICE

Share this article

Radartvnews.com- Sektor pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber bagi penerimaan devisa, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, untuk itu diperlukan adanya koordinasi secara terpadu semua stakeholder dalam industri wisata, pameran dan ekonomi kreatif di Lampung.

Koordinasi Industri pameran, pariwisata dan event secara terorganisir tersebut maka dibentuklah Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE)  dalam rangka meningkatkan jejaring stakeholder MICE.

MICE yang diselenggarakan oleh DPD Asosiasi Pengusaha Pameran Indonesia (Asperapi) Lampung diselenggarakan di hotel Novotel, Senin 16/11.

Ketua DPD Asperapi Lampung Dede Maulana Jaendar Muda, menyatakan bahwa sektor usaha pameran, dan wisata sangat terdampak pandemi Covid-19, oleh karena itu sektor ini harus mendapatkan dukungan dari semua pihak. Melaui meeting ini diharapkan bisa menjadi gerakan awal pertumbuhan ekonomi di era kewajaran baru dengan tetap mengikuti panduan MICE yang telah di susun oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelengara Kegiatan (event) Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Melalui MICE ini diharapkan dapat terbangun koordinasi pemerintah pusat maupun daerah bahwasanya Lampung bisa menjadi tuan rumah event dan pameran Nasional maupun internasional, hal itu bisa dilihat dari potensi destinasi wisata yang begitu luas di Lampung.

“Kita perlu bergandengan tangan agar industri wisata dilampung bisa berjaya, dan lampung bisa jadi tuan rumah  event dan pameran maupun kegiatan meeting seperti ini” ujar Dede.

Sementara itu Ketua Umum Asperapi, Hosea Andreas Runkat, menyatakan bahwa Industri MICE harus kembali berjalan tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Lebih lanjut Hosea Andreas, menjelaskan MICE merupakan sektor yang sangat berkontrbusi tinggi secara ekonomi terhadap negara.

Pembangunan pariwisata saat ini sebaiknya tidak berfokus pada jumlah, tetapi kualitas. Untuk itu perlu adanya daya dukung baik itu sarana prasarana, konektivitas, akseblilitas, infrastruktur dan SDM yang berdaya saing  harus mendapatkan perhatikan serius dari semua pihak.

Tidak itu saja industri wisata sebaiknya perlu “Menyasar” segmen wisatawan bisnis Untuk itu perlu Komitmen terhadap industri MICE dalam rangka menghadapi tantangan era New Normal saat ini.

Salah satu upaya dalam rangka kembali menggerakkan dan membangun MICE baik Daerah maupun nasional yakni, kebersihan, kesehatan lingkungan dan panduan protokol kesehatan di era New Normal.

Panduan tersebut dapat di awasi oleh pemerintah daerah dan semua stakeholder dalam mewujudkan Indonesia pada  The Best Indonesian MICE Word.

Diskusi MICE di selenggarakan dengan panduan MICE dimulai dari rapid test seluruh peserta dan wajib menggunakan masker, di hadiri oleh staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik Lampung Yaiful Darmawan, mewakili Gubernur Lampung, sekertaris Dinas Pariwisata Lampung, Dirut ASDP, dan kordinator pengembangan jaringan dan MICE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.(fit/san)