Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

Waspada Banjir dan Longsor Hingga Febuari

3
×

Waspada Banjir dan Longsor Hingga Febuari

Share this article
Wilayah Lampung sepanjang Januari hingga Februari 2021 akan berpotensi terjadinya banjir

Radartvnews.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Lampung mengimbau masyarakat Lampung untuk mewaspadai banjir, tanah longsor akibat intensitas curah hujan tinggi dan angin kencang.

Bulan Januari hingga Februari 2021 menjadi puncak musim penghujan. BMKG Stasiun Maritim Lampung mengingat bulan Januari mengeluarakan peringatan dini agar masyarakat waspada dan ber hati-hati.

Menurut Kapoksi BMKG Stasiun Maritim Lampung Neneng Kusrini, wilayah Lampung sepanjang Januari hingga Februari mendatang akan berpotensi terjadinya banjir yang diakibatkan tingginya intensitas curah hujan dan angin kencang. Data BMKG menyebutkan  akan terjadi peningkatan intensitas curah hujan mulai 75 sampai 100 mm, sementara untuk kecepatan angin hingga tiga hari kedepan tercatat 5 hingga 25 knot.

“Sepanjang Januari hingga Februari mendatang akan berpotensi terjadinya banjir yang diakibatkan tingginya intensitas curah hujan dan angin kencang di Lampung,” jelasnya.

Berdasarkan informasi dan data BMKG Stasiun Maritim Lampung terjadinya angin kencang karena diakibatkan angin bertiup dari baratan yang melanda di wilayah samudera hindia bagian barat sumatera, sehingga mengakibatkan terjadinya tekanan rendahan yang menjadi pemicu atau menyebabkan angin kencang dan hujan  lebat.(sah/san)