Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungUtama

Hasil Swab Negatif Covid-19, Keluarga Bongkar Makam Lalu Pemulasaran Ulang Jenazah

4
×

Hasil Swab Negatif Covid-19, Keluarga Bongkar Makam Lalu Pemulasaran Ulang Jenazah

Share this article
Makam Aliun Umar (78) dibongkar lalu dilakukan pemulasaran ulang oleh keluarga.

Radartvnews.com– Suasana haru menyelimuti keluarga besar almarhum Aliun Umar (78) Selasa (26/1). Jenazah sembelumnya dinyatakan positif covid-19 oleh Rumah Sakit Bumi Waras (RSBW).

Pihak keluarga melakukan pembongkaran makam, Selasa saing di tempat pemakaman umum di jalan Kh Ahmad Dahlan, Kelurahan Pahomana, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung.

Kurniawan anak almarhum menjlaskan, pemulasaran ulang oleh pihak keluarga sebagai bentuk penghormatan kepada orang tua. Pasalnya jenasah meninggal dunia bukan karena covid-19.

“Berdasarkan hasil swab PCR yang negative, namun berdasarkan pemeriksaan rumah sakit bumi waras diketahui ada riwayat infeksi paru paru dan jantung,” jelasnya.

Proses pemulasaran kembali jenasah terduga covid-19 berlangsung secara khidmat. Proses pemulasaran ulang oleh pihak keluarga dibantu warga dengan turut disaksikan aparat kecamatan dan lurah.

Prosesi pemulasaran ulang dilakukan secara biasa pada umumnya, bahkan jenasah oleh keluarga dimandikan dan dikain kafani kembali.

“Ini menegaskan bahwa almarhum meninggal dunia bukan karena terkena covid-19 melainkan karena insfeksi paru dan jantung karena usianya sudah lanjut meski sebelumnya diakui almarhum dinyatakan reaktif oleh pihak RSBW,” imbuhnya.

Pihak keluarga tidak akan mempermasalahkan atau menuntut pihak rumah sakit, meski demikian pihak keluarga meminta kepada rumah sakit satgas dan instansi terkait agar melakukan sesuai prosedur dan lebih bijak jangan sampai ke depan tidak terulang kepada warga lainnya.

Sebelumnya pasien atas nama Aliun Umar sempat dirawat pada 19 januari 2021 kemudian dimakamkan dengan cara protokol covid-19 pada 20 januari 202. Saat hasil swab test belum dikeluarkan pihak RSBW karena dianggap covid-19.

Sementara itu berdasarkan hasil swab tes dari rumah sakit yang pasien ternyata nonton reaktif dan diagnosa memiliki penyakit infeksi paru dan jantung.(sah/san)