Scroll untuk membaca artikel
Lampung Selatan

Perajin Gerabah Bertahan di Tengah Pandemi

12
×

Perajin Gerabah Bertahan di Tengah Pandemi

Share this article

Radartvnews.com-  Berlokasi di kawasan Natar, Lampung Selatan, industri kerajinan gerabah terus menggeliat meski di tengah wabah pandemi Covid-19. Sejumlah perajin terus berinovasi untuk menembus minat pasar dengan membuat beraneka ragam kerajinan gerabah yang unik dan menarik.

Salah satunya meja kursi berkarakter kartun yang saat ini banyak diminati. Hasil kerajinan ini selain dapat dipajang di teras dan taman halaman rumah, juga dapat dipajang sebagai hiasan interior di dalam ruangan untuk mempercantik bagian rumah.

Inovasi kerajinan gerabah ini dilakoni oleh Deno Sugiyo, warga Desa Tanjung Sari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan. Untuk menyiasati persaingan pasar terhadap kerajinan industri gerabah, Deno Sugiyo tidak hanya membuat hasil kerajinan gerabah seperti guci dan vas bunga saja.

Di lokasi UMKM miliknya ini, Deno Sugiyo beserta dua orang pekerjanya memutar otak untuk membuat inovasi kerajinan gerabah yang unik dan menarik minat konsumen, dengan membuat berbagai jenis  kerajinan gerabah berkarakter kartun serta kesenian adat budaya.

Hasilnya pun cukup memuaskan, tidak saja diminati banyak warga local, namun kerajinan meja dan kursi karakter kartun ini juga banyak mendapatkan pesanan dari luar.

Untuk harga satu set kerajinan meja kursi gerabah berkarakter kartun ini dibandrol dengan harga dua juta rupiah, terdiri dari empat kursi dan satu meja berkarakter kartun maupun patung adat budaya. Untuk kerajinan gerabah lainnya dijual mulai dari harga lima ribu rupiah hingga enam puluh ribu rupiah untuk kerajinan jenis vas bunga, pot kembang, dan patung menong.(ldm/san)