Scroll untuk membaca artikel
EventNasional

TAPIS DANDAN SAI TUTUGAN : Karya Sineas Lampung Lolos Akuisisi

4
×

TAPIS DANDAN SAI TUTUGAN : Karya Sineas Lampung Lolos Akuisisi

Share this article
TERBAIK : Karya Sineas Lampung Tapis Dandan Sai Tutugan karya Wisnu Wijaya lolos Program Akuisis Badan Riset dan Inovasi Nasional. (foto ist)

RADARTVOFFICIAL : Lagi, sienas muda Lampung mampu berkiprah di kancah nasional. Film Dokumenter Tapis Dandan Sai Tutugan karya Wisnu Wijaya lolos program akusisi pengetahuan lokal Badan Riset & Inovasi Indonesia atau (d/h LIPI)
Ketua Asosiasi Dokumenter Nasional (ADN) Korda Lampung cum Dosen ITERA ini mengaku terharu karena film tentang tapis mampu lolos program akuisisi.

“Lebih dari itu, Tapis sebagai ikon masyarakat Lampung mampu menyejajarkan diri sebagai karya anak bangsa,” ujar Wisnu.

Menurutnya, Kain Tapis, salah satu kerajinan budaya Lampung yang identik dengan wanita, sudah ada dari ratusan tahun lalu. Pakaian adat wanita suku Lampung ini memiliki beragam motif hias yang dibuat secara manual.

“Namun, seiring perkembangan zaman, para perajin kain tenun Tapis mulai berada dalam situasi yang sulit.” ungkapnya.

Untuk diketahui, video ini diputar pada Special Screening Asian Textile Exhibition dalam rangka Asian Games 2018 serta menjadi salah satu karya audiovisual yang terpilih dalam Program Akuisisi Pengetahuan Lokal periode dua tahun 2021 yang diselenggarakan oleh @PenerbitBRIN dan @BRIN. (tim coy)