Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungHukum dan Kriminal

M. Sofwan Plt Rektor Unila, Patuan Raja Dekan FKIP

4
×

M. Sofwan Plt Rektor Unila, Patuan Raja Dekan FKIP

Share this article
Doc. Radar TV Lampung

BANDARLAMPUNG – Muhammad Sofwan Effendi resmi menjadi Plt Rektor Unila yang menggantikan tugas Prof. Karomani sebagai rektor sebelum ditetapkannya sebagai tersangka tindak pidana korupsi terkait dengan suap mahasiswa baru jalur mandiri fakultas kedokteran.

Diketahui Mohammad Sofwan Efendi sebelum menjadi Plt Rektor, Sofwan merupakan Direktur Sumber Daya di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Muhammad Sofwan Effendi, Plt Rektor Unila menyampaikan dirinya ditunjuk sebagai Plt Rektor oleh Menteri Kemendikbudristek dan baru hari ini dirinya menandatangi surat perintah dari Mendikbudristek Nadiem Makarim, Senin 22 Agustus 2022.

Dalam tugas pertamanya, Sofwan memastikan Tri Dharma berjalan dengan lancar. Sofwan juga telah mengumpulkan seluruh wakil rektor, dekan, ketua SPI, serta pejabat untuk berkoordinasi supaya pelayanan terhadap mahasiswa tetap berjalan lancar.

Sofwan juga menyampaikan langsung menunjuk Patuan Raja untuk melanjutkan jabatan Dekan FKIP selama satu bulan sebelum dilakukannya pemilihan dekan baru.

Pelantikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila atas nama Muhammad Basri harus dibatalkan karena dirinya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Mengenai penundaan pelantikan Dekan FKIP tersebut, Muhammad Sofwan Effendi, Plt Rektor Unila meyampaikan karena adanya penundan pelantikan, maka posisi Dekan FKIP saat ini sementara akan dilanjutkan oleh Prof. Patuan Raja, yakni Dekan FKIP yang sebelumnya.

Kemudian terkait dengan siapa yang akan mengisi kursi dekan tersebut, Sofwan mengatakan belum ada nama baru. Sementara Sofwan akan mengutus  Patuan Raja  untuk menjadi dekan selama sebulan dan selanjutnya akan diadakan pemilihan baru.

Patuan Raja sendiri telah menjadi Dekan FKIP sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 ini.(dis/san)