Scroll untuk membaca artikel
Bandarlampung

ASDP Tambah Loket Hadapi Nataru

4
×

ASDP Tambah Loket Hadapi Nataru

Share this article

BANDARLAMPUNG- Mendekati libur Natal dan Tahun Baru, ASDP Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, telah mengerjakan penambahan loket kendaraan. Khusus pemudik kendaraan motor, disiapkan tenda berteduh, dengan kapasitas seribu unit.

Sejak satu pekan ini, volume kendaraan di Jalan Lintas Sumatera dan Tol Trans Sumatera, Lampung, terus meningkat. Didominasi kendaraan roda empat pribadi, dan bus angkutan umum. Data ASDP Bakauheni, menyebutkan, paska libur sekolah, kenaikan penumpang kapal, meningkat 30 hingga 40 persen. Mayoritas rombongan keluarga yang ingin berlibur ke Pulau Jawa. Namun kondisi ini akan kembali terjadi pada puncak mudik libur Natal dan Tahun Baru.

Untuk melayani pemudik libur Nataru, ASDP Pelabuhan Bakauheni,sejak kemarin telah mengerjakan penambahan 15 loket. 8 loket kendaraan roda dua, 7 loket kendaraan roda empat pribadi, dan 5 loket di dermaga eksekutif. Ditargetkan fasilitas loket selesai hari Rabu ini. Sehingga gelombang penumpang pada puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada tanggal 23 dan 24 Desember besok, dapat terlayani dengan cepat.

Sementara untuk meminimalisir terjadinya penumpukan, pihak ASDP telah menyiapkan rekayasa jalan. Para penumpang yang akan berlabuh ke Pulau Jawa, dihimbau agar membeli tiket kapal, jauh jauh hari sebelum perjanan. Agar setibanya di Pelabuhan, dapat segera diarahkan masuk ke dalam kapal.

Pada puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru, diperkirakan akan didominasi kendaraan roda dua. Untuk kenyamanan, pihak ASDP Bakauheni menyiapkan tenda berteduh di dermaga 3, 4, 5, dan dermaga 6. Dengan kapasitas masing masing tenda mampu menampung 200 hingga 300 unit motor. Sedangkan di luar pelabuhan didirikan tenda screening tiket. 1 unit di Jalan Lintas Sumatera km 13, Desa Gayam, dan 3 unit di Jalan Tol Trans Sumatera, km 87, 49, dan km 20. Dengan kesiapan fasilitas ini,  pemudik Natal dan Tahun Baru, dapat terlayani dengan cepat.(mai/san)