Scroll untuk membaca artikel
BandarlampungEkonomi

Arinal Dorong Perekonomian Dari Desa

3
×

Arinal Dorong Perekonomian Dari Desa

Share this article
Sebagai salah satu sumber perekonomian, desa diharapkan mampu dikelola dengan baik. Pengembangan ekonomi desa harus sistematis, efisien, efektif dan berdaya guna, Bumdes diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi tingkat desa.

BANDARLAMPUNG-Sebagai salah satu sumber perekonomian, desa diharapkan mampu dikelola dengan baik. Pengembangan ekonomi desa harus sistematis, efisien, efektif dan berdaya guna, Bumdes diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi tingkat desa.

Untuk memajukan perekonomian daerahnya maka akan melakukan penguatan perekonomian yang dimulai dari desa.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut, banyak penduduk Lampung berasal dari desa,  serta potensi sumber daya alam juga banyak dari desa, sehingga penting membangun segala sesuatu dari desa.

Untuk memajukan perekonomian, semua pihak harus melirik desa agar mewujudkan ekonomi kerakyatan.

Menurut Arinal, salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian di desa, dilakukan dengan meningkatkan peranan Bumdes dan memanfaatkan dana desa, sesuai kebutuhan masyarakat desa.

Pengembangan ekonomi desa ini harus lebih sistematis, efisien, efektif dan berdaya guna jadi ekonomi berkembang lebih terbuka. Dana desa dapat digunakan untuk mengembangkan potensi desa melalui Bumdes dan Koperasi desa.

Pengelolaan pemungutan pajak melalui Bumdes dan E-Samdes dilakukan, sebagai pengungkit tumbuhnya perekonomian desa.

Potensi pajak di desa sangat besar, dan banyak masyarakat desa terlalu jauh untuk mengurus pajak ke Kabupaten, maka diinisiasi untuk datang secara langsung ke desa.(jps/san)