Scroll untuk membaca artikel
Lampung Wawai

Jokowi Kembali ke Lampung

4
×

Jokowi Kembali ke Lampung

Share this article
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina.

BANDARLAMPUNG- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan kembali mengunjungi Provinsi Lampung. Kunjungannya kali ini ialah dalam rangka membuka ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) ke-24.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi Provinsi Lampung Zaidirina, mengatakan rangkaian acara GTTGN akan dimulai pada tanggal 1-11 Juni 2023 di  PKOR Way Halim BandarLampung.

“Persiapan saat ini tetap untuk kedatangan pak Presiden Jokowi karena sampai hari ini masih terjadwal. Dimana acara GTTGN ke-24 ini rangkaian acaranya dari 1 sampai 11 Juni 2023 dengan konsep pesta rakyat,” jelasnya.

Dalam kegiatan GTTGN yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia tersebut akan ada beberapa agenda acara mulai dari gala dinner, loka karya, rapat koordinasi teknis hingga lomba cerdas cermat khusus pemberdayaan desa. Pembukaan sendiri tanggal 7 Juni dan Presiden rencananya akan hadir membuka kegiatan tersebut.

“Tahun ini akan ada tiga perwakilan inovasi dari Provinsi Lampung yang akan mengikuti lomba GTTGN. Dimana perwakilan tersebut dua diantaranya berasal dari Lampung Tengah dan satu perwakilan dari Pringsewu,” imbuhnya.

Untuk Kabupaten Lampung Tengah akan menampilkan teknologi tepat guna berupa Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang sudah juara dua tahun berturut-turut.

Selanjutnya, yang dipamerkan asal desa lain di Kabupaten Lampung Tengah berupa produksi mesin dan untuk di Kabupaten Pringsewu akan memperlihatkan cara memproduksi beras shirataki dari porang yang sudah dihilangkan racunnya dan ini sudah diproduksi secara rutin.

Dengan ikut sertanya dua daerah dalam lomba teknologi tepat guna tersebut dapat meningkatkan motivasi desa untuk mengembangkan teknologi di daerahnya.

Berkonsep tata kelola event pelaksanaan GTTGN tahun 2023 ini dinyatakan terbuka untuk umum gratis tanpa di pungut tiket masuk sepanjang hari selama pelaksanaan berlansung.(jps/san).