Scroll untuk membaca artikel
Unik dan ViralVideo Terkini

10 Fakta Hewan Keluwing yang Kakinya Dihitung Manual Netizen Gabut dan Videonya Viral 

287
×

10 Fakta Hewan Keluwing yang Kakinya Dihitung Manual Netizen Gabut dan Videonya Viral 

Share this article

JAGAT maya kembali dihebohkan dengan aksi kocak netizen gabut tingkat dewa yang menghitung jumlah hewan Kaki Seribu atau akrab disebut Keluwing secara manual.

Ulah keduanya, sontak menuai beragam tanggapan tak kalah jenaka. Terlebih setelah dihitung, jumlah kaki hewan ini tak sesuai namanya. Ya. kaki Keluwing yang berhasil mereka hitung hanya berjumlah 100 kaki.

Sekedar diketahui, Kaki seribu adalah pengurai jinak yang hidup di serasah daun hutan di seluruh dunia. Percaya atau tidak, mereka bisa menjadi hewan peliharaan yang luar biasa.

Baca Juga :   JCH Asal Garut Wafat di Masjid Nabawi

Ada 10 fakta menarik yang membuat kaki seribu unik. Berikut penelusuran radartvnews.com yang diolah dari berbagai sumber.

1. Kaki Seribu Tidak Memiliki 1.000 Kaki

Istilah kaki seribu berasal dari dua kata Latin – mil , artinya seribu dan ped artinya kaki. Beberapa orang menyebut makhluk ini sebagai “seribu legger”. Namun kedua nama tersebut keliru karena para ilmuwan belum menemukan spesies kaki seribu dengan 1.000 kaki. Sebagian besar sebenarnya memiliki kurang dari 100 kaki. Kaki seribu yang memegang rekor kaki terbanyak hanya memiliki 750 kaki, jauh di bawah seribu kaki.

Baca Juga :   DPRD Metro Desak Pemkot Ambil Langkah Antisipasi KLB DBD

2. Kaki seribu Memiliki 2 Pasang Kaki Per Ruas Tubuh

Ciri ini, dan bukan jumlah kaki, yang membedakan kaki seribu dari kelabang. Balikkan kaki seribu, dan Anda akan melihat bahwa hampir semua segmen tubuhnya masing-masing memiliki dua pasang kaki. Segmen pertama selalu tidak memiliki kaki sama sekali, dan segmen dua hingga empat berbeda-beda, tergantung spesiesnya. Sebaliknya, kelabang hanya memiliki sepasang kaki per segmen.

3. Hanya Memiliki 3 Pasang Kaki Saat Menetas

Kaki seribu menjalani proses yang disebut perkembangan anamorphic. Setiap kali kaki seribu berganti kulit, ia menambahkan lebih banyak segmen tubuh dan kaki. Seekor tukik memulai hidup hanya dengan 6 segmen tubuh dan 3 pasang kaki, tetapi saat dewasa mungkin memiliki lusinan segmen dan ratusan kaki. Karena kaki seribu rentan terhadap pemangsa saat berganti kulit, mereka biasanya melakukannya di ruang bawah tanah, tempat mereka bersembunyi dan terlindungi.