Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Buka Mukernas PMI 2023, Jusuf Kalla Sampaikan Pesan Kemanusian

16
×

Buka Mukernas PMI 2023, Jusuf Kalla Sampaikan Pesan Kemanusian

Share this article
Ketua Umum PMI Pusat H.M Jusuf Kalla Menyampaikan pesan kemanusiaan pada Mukernas PMI 2023

BANDARLAMPUNG — Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2023 digelar di Provinsi Lampung dan secara resmi dibuka Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat H.M. Jusuf Kalla di Hotel Radison, Bandar Lampung, Senin (3/7/2023).

Dalam Pidatonya dihadapan peserta Mukernas, Jusuf Kalla, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan Pengurus PMI Lampung, khususnya Ketua PMI Lampung Riana Sari Arinal atas penyelenggaraan Mukernas PMI 2023 dan perhelatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR ke IX 2023 di Kalianda Lampung Selatan besok.

Lebih jauh Jusuf Kalla mengingatkan para peserta Mukernas PMI terkait niat dan pengabdian Kepalangmerahan, sebagaimana yang sudah disampaikannya termasuk prinsip-prinsip dasar kerja PMI.

“Seperti yang kita ketahui, Kepalangmerahan di Dunia dimulai pada tahun 1859 atas ide dan rasa kemanusiaan yang terlahir atas banyaknya korban perang. Sehingga dibutuhkan upaya kemanusiaan untuk mengatasi itu,” tegas Jusuf Kalla.

“Kemudian berkembang, bukan hanya masalah perang, tapi masalah kemanusiaan pada umumnya,” tambahnya.

JK menceritakam jika di Indonesia, PMI didirikan pada 17 September 1945, sebulan setelah Kemerdekaan yang diKetuai oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. “PMI ini lebih dahulu didirikan dari pada lembaga penting lainnya. Artinya PMI begitu urgent, sehingga didirikan satu bulan setelah Kemerdekaan,” jelasnya.

Dirinya menuturkan bahwa dasar asas palang merah adalah Sila Kedua Pancasila, yakni Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. “Dan apa yang kita laksanakan adalah kemanusiaan, salah satu unsur penting dari pada Pancasila, tentunya Pancasila secara keseluruhan. Namun unsut pokoknya adalah kita bekerja dengan asas dan tujuan kemanusiaan,” ujar Jusuf Kalla.