Scroll untuk membaca artikel
Nasional

Kenalan yuk, Ini Satu Persatu Personil Pandawara Group yang Ajak Bersihkan Sampah di Lampung

173
×

Kenalan yuk, Ini Satu Persatu Personil Pandawara Group yang Ajak Bersihkan Sampah di Lampung

Share this article

Aksi lima pemuda yang tergabung dalam Pandawara Group dalam membersihkan tempat-tempat kotor dengan tumpukan sampah menjadi Viral. Belakangan kelimanya hadir ke Provinsi Lampung untuk membersihkan Pantai Sukaraja yang di klaim sebagai pantai terkotor kedua di Indonesia. Ajakan kelimanya viral di media sosial sehingga mengundang pemerintah kota Bandar Lampung, TNI-Polri bersama masyarakat bergotong royong membersihkan sampah di pantai sukaraja.

Pandawara merupakan kelompok komunitas peduli lingkungan dari Bandung yang beranggotakan 5 orang. Yaitu, Muchamad Ikhsan, Gilang Rahma, Agung Permana, Rafly Pasya, dan Rifki Sa’dulah. Mereka adalah sahabat yang berasal dari SMA sama.

Dalam Talkshow di Akun Youtube Curhat Bang Dennt Sumargo dijelaskan nama Pandawara sendiri diambil dari dua kata yakni Pandawa yang berasal dari kisah heroik lima tokoh wayang yang beranggotakan lima orang dan Wara dari Bahasa sunda kabar baik. Jika disimpulkan artinya lima pemuda yang membawa kabar baik.

Kegiatan utama Pandawara Group adalah bagaimana mengurangi sampah di lingkungan sekitar, terutama di beberapa sungai yang kotor. Mereka telah menekuni sejak Agustus 2022. Aksi heroik mereka menjadi perbincangan hangat dan perhatian para pengguna sosial media, terutama Tiktok.

Konten bersih-bersih sampah, hingga menjadikan area sungai menjadi bersih, mengundang decak kagum dan reaksi netizen. Siapa sangka, gebrakan bersih-bersih sampah yang mereka lakukan ini berawal dari rasa jengkel dan keresahan tempat tinggal mereka yang sering kebanjiran.

Lalu seperti apa profil kelima Personil Pandawara Group dan siapa satu persatu personil yang tergabung di dalamnya.

1. Gilang Rahma

Pemuda Berusia 22 Tahun, Warga Kopo Bandung Selatan, Tergerak untuk membuat Pandawara Group karena peristiwa banjir yang merendam rumahnya. Pernah mengalami kejadian tak mengenakkan diserang oleh 20 orang dari genk motor. sehingga Gilang menjadi Introvert.

2. Rifki Sa’dulah

Pemuda Berumur 22 Tahun, Warga Kopo Bandung Selatan, gak nyangka aksi bersih sampah mereka disupport sama youtuber internasional Mr Beast.